POPULAR STORIES

Hankook Laporkan Penjualan Merangkak Naik 10,7 Persen

Hankook Laporkan Penjualan Merangkak Naik 10,7 Persen Ban Hankook (Hankook)

KabarOto.com - Perusahaan ban Hankook Tire & Technology mengumumkan pencapaian finansial tahun 2021 dengan penjualan konsolidasi global sebesar 7,142 triliun Won Korea (KRW) dan laba operasional sebesar KRW 641 miliar.

Setelah mencatatkan penjualan di negara-negara yang menjadi pasar utama selama paruh pertama tahun 2021, Hankook Tire mampu melanjutkan pertumbuhan stabil dengan kenaikan penjualan sebesar 10,7 persen. Terjadi pula peningkatan laba operasional sebesar 2,2 persen secara tahunan (year-on-year).

Faktor-faktor yang berkontribusi antara lain kenaikan penjualan ban pengganti (replacement tire), strategi penetapan harga regional yang efektif, dan kuatnya penjualan di segmen produk ban high-inch.

Baca Juga: Diklaim Sanggup Topang 10 Ton, Hankook Luncurkan Ban Smart Flex AH35 Tubeless

Penjualan ban high-inch (ban berukuran 18 inci atau lebih), meningkat 3,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya serta enyumbang 37,7 persen dari total penjualan ban mobil penumpang.

Kuartal keempat merupakan tantangan untuk Hankook Tire. Perusahaan mengalami penurunan pendapatan penjualan dengan hasil KRW 1,889 triliun dan laba operasionalnya turun 61,3 persen YoY, dan 51,3 persen QoQ di KRW 87,9 miliar.

Namun, penjualan ban high-inch kembali menjadi pendongkrak pertumbuhan. Penjualan ban high-inch naik 1,5 persen YoY mencapai 38,9 persen dari total penjualan ban mobil penumpang pada kuartal keempat.

Baca Juga: Hankook Gandeng Pro-Specs Bikin Sepatu Kets Pakai Teknologi Tapak Ban

Secara khusus, penjualan ban high-inch di Tiongkok sebesar 46,4 persen, meningkat 6,7 persen YoY. Pasar lain juga melihat kinerja yang kuat pada ban high-inch dengan peningkatan 2 persen di Eropa dan 2,9 persen di Korea.

Pada tahun 2022, Hankook berencana untuk lebih meningkatkan nilai mereknya. Perusahaan bertujuan untuk mencapai pertumbuhan dua digit tahun ini dan meningkatkan porsi penjualan ban high-inch menjadi 42 persen dari total penjualan ban mobil penumpang.

Hankook akan memperkuat fokusnya untuk memperkuat bisnisnya di pasar utama, memperluas kemitraan OE dengan produsen mobil premium global, dan menjadi pemimpin di sektor ban kendaraan listrik. Hankook diklaim akan menjadi pemasok ban dan mitra teknologi untuk ajang balap ABB FIA Formula E mulai di kuartal keempat tahun ini.