POPULAR STORIES

Hari Ini Ganjil Genap Di Bali Mulai Berlaku, Kendaraan Barang Juga Dibatasi

Hari Ini Ganjil Genap di Bali Mulai Berlaku, Kendaraan Barang Juga Dibatasi Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi (NTMC Polri)

KabarOto.com - Sistem ganjil genap mulai diterapkan selama pelaksanaan KTT G20 yang berlangsung di Bali mulai Jumat (11/11).

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas tersebut akan berlangsung sampai dengan 17 November 2022.

“Sistem pelat nomor mobil ganjil genap akan diberlakukan selama sepekan di 10 titik lokasi selama 11-17 November 2022 ” jelas Firman Shantyabudi dalam keterangannya, Jumat (11/11).

Baca juga: 300 Wuling Air Ev Bakal Ramaikan KTT G20

Adapun 10 lokasi ganjil genap selama KTT G20 di Bali yakni:

1. Jalan Simpang Pesanggaran – Simpang Sanur.

2. Simpang Kuta – Simpang Pesanggaran

3. Simpang Kuta – Tugu Ngurah Rai

4. Tugu Ngurah Rai – Nusa Dua

5. Simpang Pesanggaran – Gerbang Benoa

Jalan tol di Bali (NTMC Polri)

6. Simpang Lapangan Terbang – Tugu Ngurah Rai

7. Jimbaran – Uluwatu

8. Jalan Tol Bali Mandara

9. Jalan Uluwatu Dua

10. Jalan Raya Kampus Universitas Udayana

Selain itu, diterapkan pula kebijakan pembatasan operasional angkutan barang. Hal itu dilakukan guna meminimalkan pergerakan kendaraan angkutan berat.

Sesuai Surat Edaran Ditjen Perhubdar Darat Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pengaturan Lalu Lintas, maka pemberlakuan aturan tersebut dilakukan mulai pukul 06.00 WITA sampai dengan pukul 22.00 WITA.

“Kemudian arahan gubernur tentang tindak lanjut untuk pekerja untuk melaksanakan Work Frim Home (WFH) dan sekolah dilakukan melalui daring untuk mengurangi pergerakan masyarakat pada hari-hari atau jam-jam tertentu.” Jelas Firman Shantyabudi.

Hal itu, untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas, sekaligus memudahkan mobilitas para delegasi, kepala negara anggota G20 rekayasa, dan mengantisipasi antisipasi gangguan.

Baca juga: Test Drive Wuling Air Ev, Mobil Listrik Easy To Use

“Menjadi tugas kita melakukan rekayasa jalan ini apabila sewaktu-waktu terjadi gangguan, kita harus menyiapkan rute alternatif,” katanya.

Rekayasa lalu lintas dilakukan agar tidak mengganggu kegiatan dan aktivitas masyarakat sehingga tercipta situasi nyaman, aman, dan lancar.

“Tentunya yang kita hadapi adalah situasi yang sangat dinamis, namun besar harapan kita tentunya informasi ini akan kita teruskan kepada masyarakat untuk mendapatkan dukungan kelancaran kegiatan operasi ini,” tutur dia.