POPULAR STORIES

Hari Ini Tilang Menggunakan ETLE Mulai Berlaku Di Bali

Hari Ini Tilang Menggunakan ETLE Mulai Berlaku di Bali Ilustrasi Kamera ETLE (NTMC Polri)

KabarOto.com - Tilang elektronik dengan kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) mulai diterapkan di Bali Senin (28/11). Total, ada 49 kamera ETLE yang siap merekam para pelanggar lalu lintas.

“ETLE diberlakukan mulai Senin 28 November 2022," ujar Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Bali, Kompol Rahmawati Ismail dalam keterangan tertulis, Minggu (27/11).

Baca juga: Korlantas Polri Akan Pasang 166 Kamera ETLE Di 3 Polda Dan 4 Polresta

Polda Bali sendiri sudah melakukan upaya sosialisasi sebelum akhirnya memberlakukan sistem ETLE. Selama tahap sosialisasi, surat tilang tetap dikirim kepada pelanggar. Namun, pelanggar cukup melakukan konfirmasi.

ETLE ini sendiri diberlakukan di sembilan jajaran Polres di seluruh Bali. Ada kamera ETLE statis yang dipasang di 10 lokasi dan 39 ETLE mobile handheld yang tersebar di jajaran Polres.

Ilustrasi: Polri fokus menggunakan kamera ETLE untuk menindak pelanggar lalu lintas (Foto: Istimewa)

Untuk kamera ETLE mobile handheld diberikan kepada polisi lalu lintas (polantas) yang sedang melaksanakan patroli maupun yang tengah melaksanakan pengaturan lalu lintas.

Polantas yang dibekali kamera ETLE mobile handheld akan memotret pelanggaran lewat handphone kemudian secara otomatis masuk ke petugas backoffice Posko Gakkum ETLE.

Baca juga: Sebelum ETLE Diluncurkan Polda Jateng, 3.200 Pelanggar Terekam Kamera

Rahmawati meminta masyarakat menaati seluruh aturan terutama aturan berlalu lintas. "Mulai Senin sudah ada penindakan,” tandasnya.

Belum ada keterangan resmi soal puluhan lokasi kamera ETLE di Bali. Namun, 8 di antaranya sudah beroperasi saat KTT G20 lalu.

Adapun 8 titik ETLE tersebut yakni Simpang Teuku Umar – Imambonjol (traffic light Buangan). Di Jalan Bypass Ngurah Rai – Pulau Serangan, Sanur (Depan SPBU SIMP Serangan).

Kamera ETLE juga dipasang di Jalan Baypass Ngurah Rai (sebelum Krisna Oleh-oleh Bali). Airport Ngurah Rai Tuban (Depan Base Ops). Dikawasan Airport Ngurah Rai – Jalan Raya Tuban, Kuta (SIMP Tuban).

Kemudian, Jalan Bay Pass Ngurah Rai – Jalan Kampus Unud (SIMP Kampus). Di Jalan Bay Pass Ngurah Rai, Benoa, Kuta Selatan, (Barat SPBU Pertamina 54.803.27). Terakhir di Jalan Bay Pass Ngurah Rai, Benoa, Kutsel (Timur SPBU Pertamina 54.803.27).