POPULAR STORIES

Harus Daftar, Begini Cara Beli Motor Listrik Dengan Subsidi Rp7 Juta

Harus Daftar, Begini Cara Beli Motor Listrik dengan Subsidi Rp7 Juta Motor listrik Smoot

KabarOto.com - Meski telah berlaku sejak 20 Maret 2023, pembelian motor listrik dengan subsidi pemerintah tak bisa didapatkan semua calon konsumen. Calon konsumen yang ingin memiliki motor listrik berdasarkan subsidi harus memenuhi syarat yang ditetapkan pemerintah.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua, program bantuan dari pemerintah diberikan hanya untuk pembelian satu unit motor listrik.

Baca Juga : Dapat Subsidi Rp 7 Juta, Calon Konsumen Motor Listrik Perlu Syarat Ini

“Pelaksanaan program bantuan ini akan didukung oleh Lembaga Verifikasi Independen (LVI) untuk melakukan kegiatan verifikasi dan pelaporan atas hasil verifikasi industri,” jelas Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Pemberian ini hanya dapat diberikan untuk satu kali pembelian oleh masyarakat tertentu dengan satu nomor induk kependudukan (NIK) yang sama.

Selanjutnya, kriteria penerima program bantuan dibuktikan dengan kepemilikan NIK yang terdaftar sebagai penerima manfaat kredit usaha rakyat, bantuan produktif usaha mikro, bantuan subsidi upah, atau penerima subsidi listrik sampai dengan 900 VA.

Sejalan dengan hal ini, seorang tenaga penjual motor listrik Smoot menegaskan bila konsumen yang hendak melakukan pembelian dengan subsidi pemerintah perlu mengisi sebuah form pendaftaran.

Baca Juga : Terima Subsidi Rp 7 Juta, Berikut Daftar Harga 13 Motor Listrik

"Jika berminat untuk ikut program subsidi dari pemerintah, bisa melakukan pendaftaran untuk pengajuan subsidi terlebih dahulu. Untuk hal terkait, akan kami infokan jika sudah ada hasil pengecekan dari tim," jelasnnya.

Saat disinggung, apakah pembelian motor listrik dengan bantuan pemerintah bisa dilakukan secara kredit. Sales yang sama mengaku belum ada informasi resmi terkait hal ini.

"Seharusnya bisa ya, cuma mohon ditunggu untuk info selanjutnya, karena hal tersebut sedang di lakukan pengecekan oleh tim terkait," tuturnya.