Honda HR-V 2023 Di Amerika Serikat, Mesin Lebih Besar Dan Penggerak AWD

Honda HR-V 2023 di Amerika Serikat, Mesin Lebih Besar dan Penggerak AWD Foto: Netcarshow

KabarOto.com - Belum lama ini, versi terbaru Honda HR-V melenggang di pasar Indonesia. Namun, untuk pasar Amerika Serikat model terbarunya segera meluncur tahun depan. Tampilannya jauh berbeda dengan versi di Indonesia, begitu pula dengan mesin menggunakan 2.000 cc dan teknologi yang digendongnya.

Sekilas memang seperti mirip dengan versi Indonesia, hanya berbeda di bagian fasia depan, interior dan bagian bawah buritan belakang. HR-V menampilkan versi terbaru dari arsitektur Honda's Advanced Compatibility Engineering (ACE), yang dirancang khusus untuk memenuhi standar tabrakan saat ini dan yang diantisipasi di masa depan, sambil meminimalkan bobot tambahan.

Hal ini dicapai dengan penggunaan material ringan secara ekstensif, seperti aluminium dan berbagai tingkat baja berkekuatan tinggi, serta aplikasi perekat struktural yang diperluas.

Baca juga: Baru Diperkenalkan, All New Honda HR-V Sudah Terpesan 1.265 Unit

Honda HR-V menampilkan rangkaian sistem keselamatan dan bantuan pengemudi satu kamera baru Honda Sensing yang pertama kali diperkenalkan pada Civic generasi ke-11. Sistem baru ini memiliki bidang pandang 100 derajat yang dua kali lebih lebar dari pengaturan kamera dan radar dari sistem sebelumnya. Ini dapat mendeteksi titik fitur target dan mengenali atribut objek seperti kendaraan atau pejalan kaki, serta garis putih, batas jalan seperti trotoar, kendaraan lain, pejalan kaki, pengendara sepeda, dan rambu jalan.

Yang baru untuk HR-V versi Amerika Serikat ini adalah Traffic Jam Assist (TJA) dan Traffic Sign Recognition (TSR), serta respon yang lebih natural untuk fitur yang ada, seperti Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low-Speed Follow dan Lane Keeping Assist (LKAS) .

Teknologi bantuan pengemudi tambahan termasuk blind spot information (BSI) untuk pertama kalinya pada HR-V. Grade EX-L memiliki empat sensor sonar di bumper depan dan belakang, yang memungkinkan kontrol pengereman kecepatan rendah dan pencegahan salah start depan dan belakang, mengurangi kemungkinan tabrakan kecepatan rendah.

Honda HR-V kini dilengkapi Driver Attention Monitor, yang mengeluarkan peringatan di dasbor jika merasakan pengemudi menjadi lalai. Pengingat Kursi Belakang standar memberi tahu pengemudi saat keluar dari mobil untuk memeriksa area tempat duduk belakang untuk anak-anak, atau barang berharga lainnya.

Baca juga: Sejarah Honda HR-V Di Indonesia, 200 Ribu Unit Terjual Dalam Waktu 8 Tahun

Untuk pengalaman berkendara yang lebih sporty, HR-V baru memiliki struktur yang jauh lebih kuat, suspensi belakang independen baru, dan mesin yang lebih besar dan lebih responsif.

Jarak sumbu roda Honda HR-V telah diperpanjang untuk pengendaraan yang lebih mulus dan trek yang jauh lebih lebar, sehingga meningkatkan stabilitas di jalan. Rem baru yang lebih besar meningkatkan daya henti, untuk memaksimalkan fungsi keselamatan.

Bagian interiornya, dilengkapi dengan intrumen panel berukuran besar, dengan MID di bagian tengah. Tombol audio, ACC dan LKAS tersedia pada bagian setir, agar pengoperasian lebih mudah saat mengemudi di jalan.

Bahan kulit berkualitas digunakan di seluruh interior, dengan konsol tengah HR-V melengkung secara unik dan dilapisi dengan jahitan menawan dan rapi. Tak ketinggalan juga port pengisian USB juga tersedia penyimpanan ideal untuk barang-barang kecil seperti smartphone, dan dua koneksi USB tersedia pada bagian konsol tengah.

Baca juga: Profil All New Honda HR-V

Dilengkapi pemanas pada bagian kursi depan dan kaca spion luar, tak ketinggalan panel kluster berukuran 7 inci. Sebagai kelengkapan standar, sudah dilengkapi moon roof khusus untuk varian atas.

Untuk pasar Amerika Serikat, Honda HR-V menggendong mesin 4 silinder DOHC berkapasitas 2.000 cc. Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 158 dk pada 6.500 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.200 rpm. Transmisi menggunakan model CVT dan berpenggerak 4 roda (AWD real time), dengan Intelligent Control telah disetel ulang untuk mengirimkan lebih banyak torsi mesin ke roda belakang saat keadaan menjadi licin.

HR-V akan tersedia dalam tujuh warna berbeda, termasuk dua warna baru yang eksklusif untuk HR-V, yakni Nordic Forest Pearl dan Urban Grey Pearl.