Honda Rayakan Podium Ke-200 Saat GP Bahrain

Honda Rayakan Podium Ke-200 Saat GP Bahrain

KabarOto.com - Honda merayakan kemenangan mereka lewat pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen. Sekaligus menjadikannya podium ke-200 pabrikan mesin asal Jepang pada balapan Formula 1 tersebut.

Verstappen berada di urutan kedua dengan selisih waktu hanya 0,7 detik dari Lewis Hamilton. Sementara rekan setimnya Sergio Perez berhasil menyelesaikan balapan di posisi kelima dan berhasil meraih predikat sebagai ”Driver of the Day” setelah harus start dari pit lane akibat gangguan elektronik pada mobilnya sebelum start.

Baca juga: Lewis Hamilton Siap Duel Dengan Red Bull Sepanjang 2021

Sementara itu, pembalap muda asal Jepang, Yuki Tsunoda yang baru saja memulai karir balap F1 nya bersama tim AlphaTauri, juga berhasil mencatat hasil baik dimana ia menyelesaikan balapan di posisi ke-9 dan meraih dua poin pada debutnya. Ia menjadi pembalap ke 65 dalam sejarah F1 yang berhasil mencetak poin saat pertama kali balap.

Honda berpartisipasi dalam ajang balap Formula 1 untuk pertama kalinya pada GP Jerman 1964. Honda kemudian berhasil meraih poin pertama kalinya pada GP Belgia 1965 sebelum akhirnya berhasil meraih podium, serta kemenangan pertamanya pada GP Meksiko 1965 yang dipersembahkan oleh pembalap asal Amerika Serikat, Richie Ginther.

Baca juga: Helmut Marko Beberkan Masalah Mobil Max Verstappen Di GP Bahrain

Honda kemudian berhasil meraih kesuksesan dengan meraih gelar juara dunia bersama tim Williams di tahun 1986 dan 1987, dilanjutkan pada tahun 1988 hingga tahun 1991 bersama tim McLaren. Atau dengan kata lain, Honda berhasil meraih enam kali gelar juara berturut-turut sejak tahun 1986 hingga 1991.

Pada era turbo hybrid seperti sekarang, Honda sudah berhasil mengantongi enam kemenangan yang diraih pada tahun 2019 dan 2020 lewat tim Red Bull Racing dan juga tim AlphaTauri. Hingga GP Bahrain kemarin, Honda telah mengikuti sebanyak 461 kali balapan dengan total 78 kemenangan, 200 podium, 2.711,5 point, 81 kali pole position, serta 67 kali mencetak putaran tercepat.