Impresi All New Honda HR-V RS Turbo Di Sirkuit Mandalika

Impresi All New Honda HR-V RS Turbo di Sirkuit Mandalika Foto: Honda, Benny

KabarOto.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengajak KabarOto untuk melakukan mencoba performa dan handling All New Honda HR-V RS Turbo, tidak tanggung-tanggung dengan mencobanya langsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Senin kemarin (23/04).

Dipilihnya Sirkuit Mandalika menjadi tempat All New Honda HR-V RS Turbo menunjukan kelebihannya, karena sirkuit tersebut dinilai tepat dan cocok untuk mewakili karakter dan performa mobil SUV terbaru dari HPM tersebut.

Sebagai informasi, medium SUV ini menggendong mesin 4 silinder DOHC VTEC Turbo berkapasitas 1.500 cc, menghasilkan tenaga 174 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm.

Baca juga: HPM Ajak Media Coba All New Honda HR-V RS Di Sirkuit Mandalika

Mencoba langsung performa mesin 1.500 cc Turbo

KabarOto diberi kesempatan mencoba akselerasi hingga kecepatan tinggi di lintasan lurus. Performa mesin dengan turbo ini bekerja dengan baik, tidak ada jeda (turbo lag). Pedal gas diinjak, seketika mesin merespon dengan langsung menjerit hingga 6.000 rpm dan kecepatan menyentuh angka 130 kpj.

Artinya mesin yang sama digunakan oleh Civic dan CR-V ini bekerja maksimal, walaupun sama namun ada beberapa komponen yang berbeda seperti ECU salah satunya.

Selanjutnya setelah lintasan lurus, memasuki belokan pertama. Dari kecepatan tinggi melakukan pengereman sebelum belokan dan langsung mengambil lajur sebelah dalam, bodi mobil menekuk kesebelah kiri, di sini kinerja suspensi bekerja maksimal dengan tetap membuat bodi kendaraan tidak terlalu miring dan peranan rem ikut memberikan andil saat pengereman sebelum memasuki tikungan.

Kemudian beberapa tikungan pun menanti, pelek 18 inci dengan ban ukuran 225/50. Membantu daya cengkram ke permukaan aspal Sirkuit Mandalika. Handling yang cukup baik, menuruti keinginan pengemudi. Ketika melibas tikungan dengan kecepatan tinggi, kendaraan tetap bisa dikendalikan dengan baik. Fitur Vehicle Stability Assist membantu pengendalian tetap baik, dan tidak membuat kendaraan bergeser saat menikung.

Memasuki lintasan lurus, kendaraan dipacu habis hingga batas maksimal dengan kecepatan 140 kpj. Karena adanya safety car di depan yang menjaga batas kecepatan All New Honda HR-V RS Turbo, tidak bisa lebih cepat lagi. Hingga memasuki garis start/finish untuk mengakhiri sesi uji coba kendaraan SUV tersebut.

Teknologi keselamatan canggih Honda Sensing juga disematkan pada All New Honda HR-V RS Turbo. Fitur ini adalah serangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan menyeluruh bagi pengemudi dan penumpang dengan memberikan peringatan untuk secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Teknologi ini meliputi Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Baca juga: Profil All New Honda HR-V

Mesin 1.500 cc turbo, sanggp menelurkan tenaga 174 dk

Kabin memiliki desain modern, All New Honda HR-V RS Turbo dilengkapi layar 4,2” Interactive TFT Meter yang menampilkan berbagai informasi saat berkendara, seperti Honda Sensing, Rear Seat Reminder, indikasi lampu pada kendaraan dan konsumsi bahan bakar.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan tuas transmisi berbalut bahan kulit berkualitas, tombol start/stop engine, smart key, paddle shift dan AC kinerja otomatis.

Desain kursinya cukup nyaman. dengan desain busa kursi depan seperti di buat untuk menopang tubuh orang Indonesia atau Asia pada umumnya agar tidak mudah lelah. Selanjutnya pandangan ke depan cukup jelas dan pengemudi memiliki visibilitas yang luas. Namun sayangnya pandangan ke belakang terkendala kaca belakang, beruntung mobil ini dilengkapi sensor dan parking camera, sehingga bisa memantau situasi di belakang kendaraan.

Secara keseluruhan, performa mesin 1.500 cc turbo menjawab kebutuhan konsumen akan sebuah medium SUV dengan tenaga besar dan cepat. Namun tetap gesit ketika menghadapi jalanan berkelok dan tikungan tajam, stabilitas dan handling kendaraan yang baik, sporti khas mobil-mobil lansiran Honda.