Indikator Temperatur Tak Bergerak? Cek Bagian Ini

Indikator Temperatur Tak Bergerak? Cek Bagian Ini Foto: Kipli

KabarOto.com - Indikator pengukur suhu mesin atau temperatur pada kendaraan yang sudah memiliki radiator memang punya fungsi yang krusial. Selain jadi patokan keamanan berkendara, fitur tersebut juga memberi info akurat tentang suhu mesin dalam batasan aman maupun tinggi.

Nah, jika jarum indikator suhu tak juga naik, perlu diwaspadai karena kita tak dapat memantau kondisi terkini dari temperatur mesin kendaraan. Bahaya jika sewaktu-waktu terkena macet di jalan dan suhu mesin naik sampai melebihi batas normal atau overheat.

Klep atau valve bisa bengkok sampai cylinder head bengkak adalah akibat dari mesin yang terlalu panas dipaksakan berjalan. Nah, untuk mengatasinya, cek bagian mesin dan pastikan Temperature Sending Unit dapat bekerja normal. Bentuknya menyerupai switch kuningan dilengkapi ulir untuk dipasang di cylinder head.

Baca Juga: Sebelum Liburan Akhir Tahun, Pastikan Temperatur Mobil Normal, Ini Langkahnya

Pertama-tama, lepas kabel yang menghubungkan switch dengan indikator, kemudian putar switch berlawanan dengan jarum jam untuk melepaskannya. "Untuk mobil tahun 1970 hingga 1990-an harganya Rp 90 ribu buatan Jepang, sedangkan buatan Taiwan dibanderol Rp 50 ribu, kalau mobil tahun 2000-an keatas bisa lebih mahal lagi," ujar Herman pemilik bengkel Indonesia Tunggal, Pasar Mobil Kemayoran A 15 C, Jakarta Pusat.

Jangan lupa untuk menambahkan sealant tape mengelilingi switch baru sebelum dipasang kembali ke tempatnya. Putar searah jarum jam dengan kunci pas 17mm hingga terasa berat, setelah itu, pasang kembali dengan soket kuningan yang menyambung dengan indikator yang ada di dasbor.

"Sudah pasti bisa aktif jika pakai yang baru (switch), namun jika memang tetap tak menyala, berarti kabel menuju dasbor memang ada yang putus ditengah," ujar Herman. Selamat mencoba, Sobat Kabaroto!