POPULAR STORIES

Industri Custom Salah Satu Sektor Penyelamat Ekonomi Indonesia

Industri Custom Salah Satu Sektor Penyelamat Ekonomi Indonesia Industri custom menggeliat, membangkitkan perekonomian Indonesia

KabarOto.com - Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan membuat aturan yang mengatur industri modifikasi, motor dan mobil. Dengan peraturan yang jelas, akan memberikan kepastian terhadap kendaraan modifikasi baik sepeda motor dan juga mobil.

Selain bisa digunakan untuk harian, karya builder Indonesia bisa juga dikirim ke luar negeri, baik untuk dijual maupun mengikuti pameran Internasional.

Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo menuturkan, selama ini, IMI memiliki pengalaman, di mana pihak bea cukai seringkali kesulitan memberikan izin keberangkatan kendaraan custom lantaran tidak ada dokumen legalitas yang jelas.

Baca juga: Royal Enfield Himalayan Dan Interceptor 650, Makin Gahar Dengan Custom Kit Ini

"Padahal, kendaraan custom Indonesia sudah diakui berbagai negara dunia," terang Bamsoet. Salah satu karya bengkel kendaraan custom Indonesia menurut Bamsoet adalah Thrive Motorcycle, T-005 Cross, menjadi satu dari 25 karya motor custom dari seluruh dunia, yang masuk dalam pameran bertajuk Custom Revolution di Petersen Automotive Museum, Los Angeles, Amerika Serikat pada 2018 lalu.

Ketua MPR RI ini juga menambahkan, kendaraan custom bisa menjadi salah satu sektor yang menyelamatkan perekonomian Indonesia dari keterpurukan dari pandemik Covid-19. UMKM yang terlibat dalam industri custom ini berbagai aksesori seperti spion, knalpot, helm dan masih banyak lagi yang lainnya.


Baca juga: Sambangi Jabodetabek Dan Bandung, Trooper Custom Solo Gandeng House Of Peace Dan NF13

"Potensi pasar kendaraan custom sangat besar karena Indonesia memiliki sekitar 52 juta penduduk kelas menengah," terangnya.

Selain dalam negeri, potensi juga datang dari luar negeri, karena hasil karya builder Indonesia sudah dikenal oleh pencinta kendaraan custom seluruh dunia.