Ini Alasan Australia Harus Menjadi Tujuan Ekspor Otomotif Indonesia

Ini Alasan Australia Harus Menjadi Tujuan Ekspor Otomotif Indonesia Ekspor Toyota

KabarOto.com - Australia, merupakan negara yang menjadi salah satu tujuan ekspor otomotif asal Indonesia. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sedang melakukan konsolidasi, agar pabrikan otomotif Indonesia melakukan ekspor ke negeri Kanguru tersebut.

Kenapa Australia menjadi negara tujuan ekspor yang dinilai ideal? Karena selama ini Indonesia melakukan ekspor ke negara tetangga di Asia Tenggara, seperti Filipina, Vietnam, atau Thailand. Menperin pun membeberkan alasannya.

Baca Juga: Indonesia Atur Strategi Ekspor Kendaraan Ke Australia

Secara geografis, jarak Indonesia dengan Australia cukup dekat. Kedua negara sudah menjalin kerjasama dan menjadi mitra dagang untuk beberapa komoditi. Sehingga, otomotif dinilai bisa menjadi salah satu yang menjadi komoditas tambahan.

Selain itu, Indonesia dan Australia sama-sama menggunakan setir kemudi di bagian kanan pada kendaraan roda empatnya. "Selain geografis yang berdekatan dengan Indonesia, kita juga sama-sama menggunakan lingkar kemudi kanan," terang Agus beberapa waktu lalu.

Untuk itu, produsen mobil tidak perlu lagi mengubah bentuk dasbor karena platform kendaraan tidak berbeda dari versi lokal. Dengan tidak mengubah, maka biaya pun tidak bertambah, tidak membutuhkan jalur produksi baru.

Alasan selanjutnya adalah Indonesia dan Australia menjalin kemitraan ekonomi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) yang telah disepakati dan diratifikasi kedua negara.

Baca Juga: Menjelang GP Australia, Sirkuit Albert Park Ubah Desain

"Pasar Australia itu penting sekali, apalagi kita punya perjanjian ekonomi IA-CEPA. Sehingga sayang sekali jika tidak memanfaatkan fasilitas tersebut," tambahnya.