POPULAR STORIES

Ini Dia Bentley Bentayga Speed, Kandidat SUV Tercepat Di Dunia

Ini Dia Bentley Bentayga Speed, Kandidat SUV Tercepat di Dunia Bentley Bentayga Speed (Bentley)

KabarOto.com - Produsen mobil mewah asal Inggris, Bentley, dikabarkan mengeluarkan versi terbaru dari Sport Utility Vehicle (SUV) premium andalan mereka, Bentayga. Sesuai namanya, yang menggunakan Bentayga Speed, mobil ini disebut memiliki performa mesin luar biasa.

Bahkan pabrikan yang juga membuat mobil spesial untuk Ratu Inggris tersebut mengklaim, bahwa mobil ini merupakan SUV tercepat di dunia. Karena kecepatan tertinggi yang bisa diraihnya, menembus lebih dari 300 kpj, atau lebih tepatnya 306 kpj.

Baca juga: Modifikasi Volkswagen Golf GTi Terinspirasi Sosok Jurnalis Internasional

Memecahkan rekor sebagai SUV tercepat di dunia

Sekarang bila kita bandingkan dengan SUV mewah lainnya, sebenarnya kecepatan tertinggi Bentayga Speed, hanya 1 kpj lebih dari SUV tercepat sebelumnya di dunia, yakni Lamborghini Urus (305 kpj).

Pelek berukuran 22 inci

Namun bila dilihat dari segi bobotnya, Bentayga Speed lebih berat 200 kg lebih dibanding Urus. Seperti diketahui, Bentayga Speed memiliki berat 2.491 kg, sedangkan lamborghini Urus di angka timbangan 2.200 kg.

Baca Juga: Bentley Hadirkan Mulsanne Edisi Khusus

Performa menakjubkan yang dimiliki Bentayga Speed ini, salah satunya berkat penyempurnaan pada mesin W12 twin-turbo 6.0 liter. Mesin berkapasitas superbesar tersebut, sanggup menghasilkan tenaga hingga 635 dk dan torsi 900 Nm.

Mesin berkapasitas besar, dengan tenaga buas

Besaran output tenaga tersebut sedikit lebih tinggi daripada yang ditemukan pada Bentayga normal, yang berada di angka 608 dk dan torsi 900 Nm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin Bentayga Speed lantas disalurkan ke empat buah roda (all wheel drive) melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

Logo Speed, mempertegas kemampuannya

Bila pedal gas diinjak secara spontan dari kondisi diam, SUV mewah tersebut dapat melakukan sprint hingga kecepatan 100 kpj hanya dalam waktu 3,9 detik. Hal itu lebih cepat dibanding Bentayga standar yang kemampuannya 4,1 detik namun lebih lambat dari Urus yang membutuhkan 3,6 detik untuk melakukan hal yang sama.

Identitas kemewahan

Punya performa yang luar biasa, nampaknya belum lengkap bila tidak didukung oleh sistem pengereman yang mumpuni. Untuk mengimbanginya, Bentley menawarkan kepada para pelanggan untuk dapat memiliki paket rem keramik karbon, yang 20 kg lebih ringan dari rem besi standar.

Baca juga: Alpina Racik Ulang BMW Seri 7 Terbaru, Lebih Bertenaga Dan Terlihat Modis

Spoiler berukuran besar di bagian belakang

Sistem pengereman keramik karbon tersebut juga disebut lebih kuat untuk menahan tekanan torsi pengereman hingga angka maksimum 6.000 Nm dan toleransi panas hingga 1.000 derajat Celcius.

Baca Juga: Jadi Saksi First Travel, Syahrini Hadir Gunakan Bentley Mulsanne

Sementara untuk bagian eksterior, tidak banyak perubahan yang berarti. Penyegaran hanya meliputi penggunaan pelek berukuran 22 inci, spoiler belakang yang lebih besar, grille mesh yang lebih gelap.

Makin sporty dengan balutan Alcantara

Sedangkan di bagian dalam, Bentley menyematkan penggunaan material Alcantara yang lebih dominan. Meski begitu, pelanggan bisa tetap memilih material kulit premium, tanpa ada perubahan biaya.