POPULAR STORIES

Ini Kah Penampakan Yaris Heykers Baru?

Ini Kah Penampakan Yaris Heykers Baru?

KabarOto.com – Toyota Yaris memang salah satu mobil yang menjadi pilihan kalangan keluarga baru ataupun anak muda, desainnya yang sporti dan juga dinamis menjadi suatu nilai tambah untuk Yaris.

Sebelum melakukan facelift, Yaris pernah mengeluarkan varian seri crossover-nya dinamakan Yaris Heykers, dengan aksen aksesoris khas off-road dan ground clearance yang lebih tinggi dari Yaris model biasa.

Nah, di facelift kali ini, sepertinya akan ada juga varian Yaris Heykers yang akan dikeluarkan oleh Toyota. Untuk versi aslinya KabarOto melihatnya dari Toyota Taiwan, karena disana sudah dirilis gambaran unitnya, dengan nama Yaris Crossover. Lalu apa saja perbedaannya, yuk kita ulas!

Baca juga: Sentuhan Terbaru Toyota Yaris Pada Acara Yaris Fun Drive

Mengambil basis dari Yaris versi tertinggi, tidak terlihat ubahan bentuk body, lampu dan sebagainya pada varian Crossover ini, murni hanya penambahan aksesoris saja. Pada bagian depan terdapat under guard berwarna abu-abu yang mengesankan mobil ini siap untuk melibas meda off-road, lalu varian crossover ini juga menghilangkan lips depan model TRD Sportivo, yang digantikan dengan overfender berbahan plastik motif kulit jeruk. Ubahan lain ada pada warna gril dengan cat hitam, demi menambah kesan sporti dan gagah dari mobil ini.

Bergeser kebagian samping, ini dia yang unik, bagian overfender dari Yaris ini dibuat full dari depan sampai belakang, bagian-bagian tersebut meliputi fender depan, pintu depan dan belakang, hingga ke fender belakang yang menggunakan plastik kulit jeruk seperti bagian depan. Penambahan side skirt juga turut dilengkapi dengan bahan senada.

Sebagai pembeda bahwa ini adalah edisi khusus, Varian Crossover bagian pilar (A,B,C) di cat yang sama dengan bagian atap yang berlanjut hingga bagian spion, atap dan spoiler. Hal ini untuk menambah kesan sporti dan gagah pada mobil ini.

Baca juga: Toyota Yaris WRC 2019 Resmi Diluncurkan

Peleknya masih menggunakan model standar 4 palang, namun suspensi dibuat lebih tinggi, hal tersebut juga menyesuaikan temanya, dimana mobil ini dijadikan sebagai mobil mini off-road. Sementara tidak ada ubahan signifikan pada bagian buritannya, kecuali penambahan bodykit bumper belakang yang sebenarnya lanjutan dari overfender bagian samping.

Untuk mesin masih sama kok dengan Yaris standar, kode mesin 2NR-FE berkapasitas 1.500 cc menghasilkan tenaga sebesar 105 dk dan torsi maksimal 140 Nm, mobil berpenggerak roda depan ini untuk transmisinya menggunakan manual 5 percepatan dan CVT.

Baca juga:Toyota Yaris Versi Racing Di Paris Motor Show

Untuk interior, jika melihat dari versi Taiwan, hanya ada perbedaan warna interiornya didominasi dengan warna perpaduan coklat dan hitam. Tetapi fiturnya masih sama dengan versi TRD, mulai dari steering switch, layar headunit terintergrasi, dan jok yang sudah dilapis bahan kulit.

Tetapi panel AC untuk versi Taiwan masih menggunakan model putar atau knob, sementara versi Indonesia sudah menggunakan digital.

Soal harga, banderolnya mulai dari 649 ribu Taiwan dolar atau sekitar Rp 298 juta untuk varian manual, dan 695 ribu Taiwan dolar atau sekitar Rp 319 juta. Dan tersedia dalam 4 warna yaitu merah, biru, abu-abu, serta putih. (Deddy)