POPULAR STORIES

2030, Mobil Diesel Dilarang Melintas Di Kota Paris

2030, Mobil Diesel Dilarang Melintas di Kota Paris Pemerintah Paris tengah menerapkan kebijakan anti polusi ©Istimewa

KabarOto.com - Pemerintah Kota Paris bakal melarang penggunaan mobil bermesin diesel dan berbahan bakar bensin pada tahun 2030. Keputusan itu mereka ambil guna mengurangi efek pemanasan global.

Seperti dilansir The Independet, Minggu (15/10/17), Pemerintah Kota Paris berharap masyarakat Prancis segera beralih ke mobil listrik. Diharapkan, Kota Paris bakal bebas dari mobil diesel dan mobil berbahan bakar bensin pada tahun 2040.

Baca Juga:

"Ini adalah rencana jangka panjang untuk mengurangi efek rumah kaca," ujar Christophe Najdovski, Penanggung Jawab resmi untuk kebijakan transportasi di kantor Walikota.

"Armada transportasi merupakan satu di antara produsen gas terbesar. Jadi, kami berencana untuk melarang penggunaan kendaraan berbahan bakar bensin pada tahun 2030," dia menambahkan.

Menurut data dari media otomotif Argus, terdapat 32 juta kendaraan roda empat dari sekitar 66 juta penduduk Prancis pada tahun 2016. Meski demikian, ada sebagian kecil warga Prancis yang mengandalkan kendaraan umum, sepeda, dan mobil hibrida yang rendah polusi.

Selain Paris, ada beberapa kota besar Eropa lain yang berencana mengambil kebijakan serupa. Teranyar, Cina, sebagai negara penghasil polusi terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat, mengumumkan kebijakan serupa.