Ini Tanda-Tanda Pompa Bensin Mobil Bermasalah

Ini Tanda-Tanda Pompa Bensin Mobil Bermasalah

KabarOto.com - Fuel Pump (pompa bahan bakar) bermasalah, Toyota di Malaysia melakukan recall Avanza. Bagi pemilik mobil ini harus membawa ke bengkel untuk diganti komponen tersebut.

Lalu apa sebenarnya fungsi dari fuel pump ini? Karena banyak pabrikan yang recall mobil-mobil buatannya disebabkan komponen ini bermasalah.

Sapto Saputro, pemilik AFI Motor mengatakan, pompa bahan bakar (fuel pump) ini memompa bahan bakar yang ada di dalam tangki penampungan. Kemudian dialirkan menuju ruang pembakaran dan diubah menjadi energi yang akan membantu mesin kendaraan menyala.

Baca Juga: Penggantian Fuel Pump Gratis, Honda Minta Konsumen Segera Ke Bengkel

Untuk mobil yang masih menggunakan karburator, pompa bensin ini kerjanya memompa bahan bakar dari tangki atau wadah penampungan ke karburator. Untuk mobil berteknologi injeksi, pompa bahan bakar ini untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju injektor.

Toyota Avanza


Pompa bahan bakar ini cara kerjanya juga dibedakan menjadi beberapa bagian, yang pertama pompa bensin mekanis yang digerakkan oleh putaran mesin yang tersambung pada belt. Untuk kendaraan diesel misalnya, pompa bahan bakar mekanis digerakkan oleh mekanisme camshaft yang berada di bagian silinder head.

Kemudian kedua, terdapat fuel pump elektrik. Pompa bahan bakar ini menggunakan motor listrik yang digerakkan oleh aliran listrik menuju motor penggerak. Tidak hanya satu tipe, ada beberapa model, di antaranya model yang menggunakan diafragma dengan platina dan model biasa yang ditemukan pada mesin-mesin mobil injeksi bahan bakar.

Lalu bagaimana mendeteksi pompa bensin bermasalah? Karena komponen ini sangat penting, untuk kendaraan. Berikut tanda-tandanya:

1. Lampu Indikator Injeksi Berkedip
Jika terjadi masalah pada pompa bensin, tanda awalnya adalah lampu indikator mobil menyala terus pada bagian injeksi. Letaknya di panel meter. Jika ada kedipan check engine lamp, maka sudah jelas ada masalah pada bagian pompa bahan bakar mobil.

Baca Juga: Masalah Fuel Pump, Nissan Lakukan Recall Untuk All New Nissan Livina

2. Mobil Susah Dinyalakan
Tanda lain terjadi kerusakan pompa bahan bakar adalah mesin susah dinyalakan. Saat memutar starter, harusnya terdengar dengungan dari tangki bensin. Namun, apabila bunyinya sangat lemah atau bahkan tidak mengeluarkan suara sama sekali maka dapat dipastikan kondisi pompa bahan bakar melemah.