Injak 25 Tahun, Begini Ubahan Di Tiap Generasi Honda Odyssey

Injak 25 Tahun, Begini Ubahan di Tiap Generasi Honda Odyssey

KabarOto.com - Tak terasa sejak pertama kali diproduksi Jepang pada 1994, kini Honda Odyssey sudah menginjak umur 25 tahun. Sampai saat ini terhitung sudah ada 5 generasi yang tentunya memiliki ubahan tersendiri tiap generasinya. Bahkan pada awalnya mobil ini dibuat sebagai minivan, kini telah berubah menjadi premium van.

Mengingat jejak awalnya, Honda Odyssey pertama kali dikenalkan dengan desain kursi tiga baris dengan penggerak four wheel drive (4WD). Pada 1997, mobil ini ditenagai mesin berkapasitas 3.000 cc V6 J30A dilengkapi sunroof, khusus untuk tipe L dan Aero. Kalau di Eropa, generasi pertamanya dikenal sebagai Honda Shuttle.

Generasi kedua hadir pada 1999, Honda Odyssey berubah melalui dimensi lebih besar dibandingkan sebelumnya. Penampakan di bumper dan gril depan juga lebih besar, bahkan telah menyematkan aksen krom. Mobil ini sengaja diproduksi untuk pasar Jepang dan Australia, maka dari itu desainnya pun menggunakan setir kiri.

Baca Juga: Rayakan Tahun Perak, Honda Odyssey Keluarkan Aksesori Khusus

Honda Odyssey generasi kedua memiliki beberapa pilihan mesin dan penggerak, seperti model RA6 gunakan 2WD dan RA7 gunakan 4WD. Keduanya sama-sama memiliki kapasitas mesin 2.300 cc. Nah, kalau mesin berkapasitas 3.000 cc masih ada pada model RA8 (2WD) dan RA9 (4WD) berjenis Prestige dan Absolute.

Tak lama, pada 2000 Honda Odyssey menjadi mobil Honda pertama yang menggunakan transmisi otomatis dengan mesin 3.000 cc.

Generasi ketiga lahir beberapa tahun kemudian dan dipasarkan di Jepang mulai Oktober 2003. Tahun berikutnya, pemasarannya berkembang ke Australia dan beberapa negara lainnya. Sampai saat itu, Honda masih mempertahankan Odyssey dengan model lima pintu.

Baca Juga: Honda Odyssey Terbaru Bakal Meluncur Oktober 2020

Desain yang diusung juga lebih ramping dengan ground clearance lebih rendah. Malah, Honda Odyssey lebih terlihat sebagai mobil biasa dibandingkan minivan. Nah, khusus untuk pasar Jepang minivan ini sudah dilengkapi dengan fitur Cruise Control, loh.

Kapasitas tenaga di mesinnya pun berubah lagi, di generasi ini Honda sudah menyematkan mesin i-VTEC berkapasitas 2.400 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 160 dk.

Generasi ketiga ini Honda mengeluarkan versi penggerak 4WD bertransmisi otomatis dan penggerak 2WD menggunakan transmisi CVT, kecuali untuk tipe Absolute dan model ekspor lainnya.

Baca Juga: 10 Honda Odyssey Jadi Transportasi Pasien Terduga Corona Di Detroit

Setelah lima tahun generasi keempat Honda Odyssey meluncur di Jepang pada Oktober 2008. Honda masih menyematkan mesin dan transmisi yang sama. Namun tenaganya di klaim lebih besar di mana mesin 2.400 cc transmisi CVT dengan Torque Converter untuk penggerak FWD. Sedangkan transmisi otomatisnya untuk versi 2WD mampu menghasilkan tenaga 206 dk.

Generasi terbarunya muncul pada 2013 secara global dan dikenalkan dengan konsep premium van. Perubahan di generasi ke-lima paling terlihat pada desain pintu. Jika Sobat KabarOto perhatikan, sebelumnya pintu dibuka ke arah luar sedangkan kini menjadi pintu geser ke samping.

Berubah menjadi premium van juga mengubah dimensinya yang menjadi lebih besar. Kenyamanan semakin terasa karena Honda menyematkan kursi Ottoman di baris kedua.

Baca Juga: Alasan Honda Australia Tidak Lagi Jual NSX Hybrid

Melihat dapur pacunya Honda Odyssey generasi termuda ini menggunakan mesin 2.400 cc, VTEC bertenaga 175 dk dan torsi 225 Nm. Sedangkan untuk tipe Absolute telah memiliki fitur direct-injection. Fitur ini diklaim bisa membuat mesin semakin bertenaga yang mampu mencapai 190 dk dan torsi maksimal 237 Nm.

Kabarnya, Honda Odyssey generasi terbaru akan dikenalkan pada 2020. Namun sayang, pandemi membuatnya harus menunggu sebentar lagi untuk bisa dilihat masyarakat.