Isu Mobil Tua Dilarang Melintas Di Jakarta, Begini Antisipasi Penjual Mobil Bekas

Isu Mobil Tua Dilarang Melintas di Jakarta, Begini Antisipasi Penjual Mobil Bekas Foto: Dika (Side.id)

KabarOto.com - Membeli mobil bekas merupakan pilihan bagi sebagian orang, ditambah kalau kondisinya masih sangat bagus. Beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta melayangkan peraturan terkait pembatasan kendaraan roda empat diatas 10 tahun. Kendaraan berumur lebih dari 11 tahun dilarang melintas di Jakarta.

Alasan adanya peraturan ini terkait dengan tingkat polusi yang buruk di Jakarta, sehingga mobil tua dirasa memberi dampak dari emisi gas buangnya. Hal ini mengakibatkan kontra dari para pecinta kendaraan klasik, baik mobil maupun motor. Mereka merasa bahwa penyebab polusi bukan dari mobil tua.

Baca Juga: Kendaraan Berumur 10++ Tahun Dilarang Melintas Di Jakarta, Komunitas: Polusi Bukan Dari Mobil Tua

Ternyata peraturan ini tidak hanya berpengaruh pada komunitas dan pecinta mobil tua saja. Penjual mobil bekas juga cukup merasakan dampaknya walaupun tidak terlalu signifikan. Beberapa pembeli sudah mulai menjadikan umur mobil sebagai salah satu faktor penting.

"Itu kan masih isu ya, cuma kalo udah pasti fix pasti pengaruh bener sih. Sampai sekarang ada beberapa (orang) yang sudah termakan isu itu," ungkap pemilik Sumber Jaya Motor Ricky.

Namun, tidak sedikit yang merasa bahwa peraturan tersebut tidak mempengaruhi pembelian unit mobil bekas di dilernya karena menurut mereka pembeli tidak hanya membeli sebagai transportasi semata.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Mobil Klasik Nan Antik

"Di sini banyak juga orang yang hobi, ada kolektor juga. Saat ini masih belum (pengaruh) sih masih stabil," ujar Marketing Auto 57, Yesha.

Beredarnya kabar terkait peraturan pembatasan mobil tua, membuat sejumlah diler mobil bekas melakukan antisipasi. Salah satunya dengan tidak lagi menjual mobil tua dan lebih fokus pada penjualan mobil-mobil dengan umur maksimal lima sampai tujuh tahunan.

"Kita sih dari dulu kebanyakan mobil tahun muda. Kalau umur tua tergantung mobilnya, Toyota Alphard masih nggak masalah, tapi kalo kayak mobil Avanza atau Xenia yang tahun tua agak berisiko," tutup Rikcy.