POPULAR STORIES

Jangan Asal, Kenali Titik Tumpu Saat Mendongkrak Mobil

 Jangan Asal, Kenali Titik Tumpu Saat Mendongkrak Mobil Ilustrai Titik Tumpu Saat Mendongkrak Mobil (ist)

KabarOto.com - Bisa dibilang, dongkrak merupakan salah satu perlengkapan di mobil yang penting keberadaannya. Bisa dibayangkan, bila saat berkendara tiba-tiba ban mobil mengalami kebocoran, atau bahkan pecah.

Baca Juga: Mendongkrak Tampilan Kap Mesin Dengan Engine Hood Damper

Tentunya untuk melakukan pergantian ban yang rusak dengan ban cadangan, perlu menggunakan dongkrak. Pabrikan biasanya melengkapi kendaraan yang dijualnya dengan dongkrak tipe hidrolik atau yang biasa disebut dengan dongkrak botol. Maupun dengan dongkrak ulir, yang biasanya berbentuk seperti ketupat.

Dongkrak Ban Mobil
Dongkrak hidrolik tipe botol

Fungsi utama dongkrak adalah mengangkat atau menjungkit sebagian bodi mobil. Nah, mendongkrak bisa jadi pekerjaan merepotkan, jika Anda tidak memahami prosesnya dengan baik dan benar.

Bahkan bila salah tumpuan, bisa berisiko menyebabkan kerusakan bodi mobil bagian bawah, atau malah komponen kaki-kaki. Lantas bagaimana mencari titik tumpuan dongkrak yang tepat pada mobil?

Dongkrak Ban Mobil
Cara pasang dongkrak di buku panduan mobil

"Biasanya titik tumpu dongkrak sudah ditentukan oleh pabrikan. Desainnya juga disesuaikan dengan kepala dongkrak agar tidak mudah bergeser. Panduannya pengoperasiannya bisa kita lihat di buku manual, atau stiker kecil di balik pintu depan," ujar Eri Setiawan, Service Advisor Porsche Centre Jakarta.

Dongkrak Ban Mobil
Lipatan pelat menjadi titik tumpu

Pada mobil terdapat 4 lifting point (titik angkat). Di bagian depan, lifting point berada di sasis tepat belakang roda. Sedangkan bagian belakang, lifting point berada di sasis depan roda belakang.

Baca Juga : Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mendongkrak Mobil

Dongkrak Ban Mobil
4 lifting point

Untuk tipe mobil ladder frame, tumpuan yang dicari adalah 'tulang' yang paling keras. Kepala dongkrak bisa diletakan di bagian sasis yang terletak di kolong pintu samping.

Dongkrak Ban Mobil
Titik tumpu pada mobil sasis ladder frame

Selain itu, untuk bagian depan tumpuan yang bisa digunakan di bagian arm, sedangkan di bagian belakang bisa mengandalkan bagian bawah rumah axle belakang.

Buat tipe bodi monocoque, titik tumpuan juga telah tersedia. Terletak diantara kolong bagian dalam di pintu samping. Ciri khasnya terlihat dari susunan lipatan pelat yang tebal, dengan rongga di kedua sisinya.

Dongkrak Ban Mobil
Untuk beberapa mobil, titik tumpu berada di pelat tebal di bawah pintu

Khusus sasis monokok, tidak disarankan mendongkrak dari arm. Karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kaki-kaki, akibat menahan beban dari mobil saat dongkrak terangkat.

Baca Juga: Waspadai Onderdil Palsu, Ini Dia Tips Dari Auto2000

Ingat juga, dongkrak sifatnya hanya untuk menaikkan saja sehingga jangan terlalu lama menahan beban dengan dongkrak mobil, jika butuh waktu lama saat perbaikan maka gunakan Jack Stand untuk mengganti dongkrak. Satu hal lagi, bila terpaksa harus mendongkrak mobil di pinggir jalan, selalu gunakan segitiga pengaman.