Jangan Panik, Ini Yang Harus Dilakukan Saat Mobil Terbakar

Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan Saat Mobil Terbakar Sebuah mobil terbakar di kawasn Pondok Indah, Jakarta Selatan (Foto: TMCPoldametro)

KabarOto.com - Kebakaran mobil beberapa kali kita lihat di jalan atau di sosial media. Mobil-mobil yang terbakar bukan kendaraan tua, justru masih mulus dan masih terlihat baru. Salah satu faktor penyebabnya adalah sistem kelistrikan.

Lalu bagaimana saat mobil terbaka, pertama apa yang harus dilakukan pengemudi? Sony Susmana, Training Safety Defensive Consultant (SDCI) menuturkan, obat dalam menekan api adalah Alat Pemadam Api Ringan (APAR). "Kalau tidak punya APAR langsung keluar," terangnya kepada KabarOto.

Baca juga: Cuma Di IIMS Hybrid 2021, Mobil Pemadam Kebakaran Mini Harganya Rp1,3 Miliar

Sebuah mobil Suzuki Ertiga terbakar di kawasan, Gatot Subroto Jakarta Selatan (Foro: Instagram TMC Poldametro

Selanjutnya menurut dia jangan panik, dan segera menjauh dari sumber api. "Menjauh dengan segera dari sumber api, untuk menghindari bahaya yang lebih besar," tambah Sony.

Berikutnya menurut dia, ketika api datang dari bagian depan sampai tengah, semprotkan APAR dari bawah atau sela-sela kendaraan menuju sumber api. "Jangan buka kap mesin yang justru akan membuat hadirnya oksigen dan api semakin susah dipadamkan.

Baca juga: Jadi Regulasi 2021, Mobil Apa Saja Yang Sudah Dilengkapi Alat Pemadam Kebakaran Standar Pabrik?

Jadi di dalam mobil wajib memiliki APAR yang terisi. "Karena tidak ada solusi lain untuk memadamkan api dengan segera," tambahnya. Karena, tanpa APAR, pemilik mobil hanya akan menjadi penonton mobil yang musnah dilahap api.