Jangan Tunggu Rem Blong, Ini Kuncinya

Jangan Tunggu Rem Blong, Ini Kuncinya Foto: Kipli

KabarOto.com - Sistem pengereman menjadi salah satu komponen kendaraan paling vital. Tak ada rem, artinya kendaraan yang Sobat Kabaroto pacu tak dapat berhenti dan dikendalikan. Pentingnya mengetahui komponen ini jangan sampai rusak dijelaskan oleh PT Welty Indah Perkasa atau Wealthy Group dalam konferensi pers virtualnya (24/7).

Merawat komponen ini dibutuhkan ketelitian, jika jarang diperhatikan, kemungkinan terparahnya adalah blong dan menyebabkan kecelakaan. "Bisa dicek dan diurutkan dari brake shoe atau brake pad, rotor, cairan rem, sampai master rem, pastikan semua dalam kondisi baik dan laik pakai," ujar Arief Hidayat selaku CEO Wealthy Group.

Arief melanjutkan, jika semua komponen baik, harusnya tak ada kerusakan yang membuat rem mobil jadi blong. "Perhatikan apakah ada kebocoran, seperti slang atau cairan rem, perhatikan juga cairan remnya, karena sifatnya yang menyerap air maka pilihlah cairan rem yang baik dan sedikit saja menyerap air," ujar penggeber mobil-mobil Eropa tersebut.

Baca Juga: Ilegal, Jangan Asal Pakai Lampu Terang Untuk Kendaraan

Ia juga bilang kalau semakin tinggi tingkatan angka cairan rem seperti DOT6, maka titik didihnya pun makin tinggi mencapai lebih dari 300 derajat celsius. "pastinya ada harga ada rupa, maka dari itu, jangan pilih yang asal murah. Pastikan spesifikasinya punya standar yang direkomendasikan pabrikan untuk kendaraan kita," jelasnya.

Menurutnya, karena pengereman sifatnya closed system, alias tidak minim interupsi dari part lain yang menyebabkan kerusakan, maka dapat segera dicek kerusakannya dengan mudah. "Jika tidak ingin repot silahkan minta bengkel rekomendasi untuk melakukan pengecekan," tutupnya.