POPULAR STORIES

Jasa Marga Kembangkan Aplikasi FLO Sebagai Sistem Baru Pembayaran Tol

Jasa Marga Kembangkan Aplikasi FLO Sebagai Sistem Baru Pembayaran Tol Foto: Jasa Marga

KabarOto.com - Penggunaan jalan bebas hambatan memang kini dijadikan prioritas, pasalnya melalui jalur ini sobat KabarOto bisa melakukan perjalanan lebih lancar dibandingkan jalur biasa. Metode cashless untuk transaksinya pun sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu.

Sistem pembayaran seperti ini nyatanya membuat transaksi lebih cepat dan mudah. Kini tidak ada lagi petugas yang harus bersusah payah mencari uang kembalian pada pengguna jalan tol. Untuk meningkatkan layanan pada pengguna jalan, PT Jasa Marga Persero Tbk melalui PT JAsa Marga Tollroad Operator (JMTO) memberikan penawaran tambahan.

Baca Juga: Pengerjaan Tol Cisumdawu Dipercepat, Jarak Bandung-Bandara Kertajati Makin Singkat

Dimana JMTO kini telah resmi menggandeng PT Fintek Karya Nusantara atau lebih dikenal dengan LinkAja. Sebelum ini LinkAja sudah bekerja sama dengan Kereta Api Indonesia (KAI), di mana sistem pembayaran kereta bisa langsung mutasi dari saldo LinkAja untuk pembelian dari KaiAccess.

Nantinya, pembayaran tarifnya akan menggunakan RFID yang diinisiasi oleh PT JMTO bersama tim konsorsium, yang diberi nama FLO. Peran LinkAja disini adalah dalam mekanisme sebagai sumber dana untuk pembelian Voucher Elektronik (VE), yang dapat digunakan untuk pembayaran tarif tol melalui aplikasi FLO.

Untuk saat ini Jasa Marga sedang melakukan uji coba terbatas. Apabila sudah bisa digunakan secara maksimal, pengguna LinkAja dapat melakukan pembelian VE FLO melalui platform LinkAja. Kemudian pengguna dapat melewati atau mengakses Gerbang Tol khusus di Jalan Tol Jasa Marga, menggunakan aplikasi FLO yang sedang dikembangkan.

"Aplikasi ini terkoneksi langsung dengan RFID dalam bentuk stiker di kendaraan," jelas Direktur Utama PT JMTO Septerianto Sanaf.

Pria yang akrab disapa Aan ini juga menjelaskan, tahap awal penerapan FLO di gerbang tol milik Jasa Marga difokuskan di wilayah Jabotabek. Sebelumnya tahap uji coba sudah dilakukan di Jalan Tol Sedyatmo dan Jalan Tol Bali. Namun uji coba dilakukan secara terbatas menggandeng Bus Damri, kendaraan operasional Garuda Indonesia dan taksi Blue Bird.

Baca Juga: BSD Link, Muter BSD Serpong Gratis Loh!

"Hingga akhir Juni 2019 ini kami menargetkan sebanyak dua puluh gerbang tol di wilayah Jabotabek sudah dapat melayani transaksi SLFF dengan menggunakan aplikasi FLO yang berbasis RFID," tambah Aan.

Yaitu Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Cengkareng, Jalan Tol Sedyatmo, dan Jakarta Outer Ring Road (JORR). Namun saat ini masih dalam tahap uji coba dengan BUMN lainnya. Pihak JMTO menargetkan 200 gardu khusus FLO dapat beroperasi di akhir tahun ini.