Jepang Kembali Selenggarakan WRC Setelah Absen 8 Tahun

Jepang Kembali Selenggarakan WRC Setelah Absen 8 Tahun Jepang baKal jadi salah satu kandidat tuan rumah WRC 2019 (Foto: Rallye-Info.com)

KabarOto.com - Tahun 2019 bakal jadi tahun yang berarti bagi penggemar balap reli tingkat dunia di Jepang. Pasalnya tahun depan, Jepang disinyalir akan kembali menyelenggarakan balap World Rally Championship. Ini adalah tahun ke-8 sejak Jepang vakum dari ajang reli dunia di 2010.

Di tahun tersebut merupakan tahun terakhir bagi Jepang dalam menyelenggarakan ajang WRC. Namun setelah berjalan 8 tahun, kini negeri Matahari Terbit itu dikabarkan siap untuk menyelenggarakan WRC.

Walau hal tersebut belum secara resmi dikonfirmasi, karena FIA belum melakukan tanda tangan persetujuan akan rencana tersebut.

Jika FIA setuju, maka sekitar bulan September atau November, kota Honshu akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan WRC. Keputusan terakhir mengenai kabar tersebut, akan diumumkan setelah pertemuan World Motor Sport Council, yang diselenggarakan di Paris pada 12 Oktober mendatang.

Baca Juga: Volkswagen Gebrak Kembali WRC Dengan 2 Polo Anyar

Melihat indikasi tersebut, promotor WRC, Oliver Cielsa, mengatakan ini adalah sebuah berita yang bagus. "Ini adalah berita bagus yang dapat kami informasikan dari promotor WRC dengan mencapai kesepakatan dengan rally Jepang untuk menjadi tuan rumah WRC," ujarnya.

"Proposal saat ini akan segera ditujukan untuk FIA World Motor Sport Council, dimana kami berasumsi kami akan mendapatkan persetujuan positif untuk membawa rally kembali ke Jepang, dan kemudian acara akan berlangsung dari 2019, dengan kontrak empat tahun," tambahnya.

Sebagai tahapan kesungguh-sungguhan Jepang untuk menggelar WRC, penyelenggara bahkan telah menyiapkan sebuah SS yang akan melintasi dekat pegunungan Fuji. Sehingga, balapan akan semakin identik dengan negeri matahari terbit tersebut.

Selain Jepang, ada negara lain juga yang dikabarkan siap untuk menghelat ajang reli dunia tersebut. Chili, telah lebih dulu mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Baca Juga: Honda Jadi Sponsor Utama FIA Formula 1 2018 Japanese Grand Prix