POPULAR STORIES

Jumlah Ekspor Meningkat, Honda BeAT Jadi Primadona

Jumlah Ekspor Meningkat, Honda BeAT Jadi Primadona

KabarOto.com - Sepanjang tahun 2019 pada periode Januari-September 2019, AHM telah mengirimkan 214.396 unit sepeda motor Honda dalam bentuk utuh atau Complete Built Up (CBU) dan 223.300 set dalam bentuk terurai atau Completely Knocked Down (CKD).

Ekspor unit motor dalam bentuk CBU didistribusikan ke beberapa negara seperti Filipina dan Bangladesh. Sementara ekspor motor Honda secara CKD dikirimkan ke Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Kamboja.

Jumlah ekspor sepeda motor Honda pada September ini tercatat meningkat. Jika dijabarkan melalui data yang telah diolah oleh Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada bulan September 2019, ekspor motor nasional secara utuh atau Complete Built Up (CBU) tercatat sebanyak 79.798 unit.

Baca Juga: Mengenal Honda Beat Versi Roda Empat

Dari jumlah tersebut, kontribusi tertinggi berasal dari segmen skutik yaitu 60.169 unit, diikuti segmen sport 10.598, dan segmen motor bebek sebanyak 9.031 unit. Sementara ekspor sepeda motor Honda yang dilakukan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) tercatat sebesar 33.974 unit, dengan kontribusi 42% dari total ekspor skala nasional.

Bahkan, khusus ekspor skuter matik Honda BeAT meningkat 43% yaitu sebanyak 14.256 unit pada bulan September 2019. Pertumbuhan ekspor AHM didorong oleh kontribusi Honda BeAT yang terus meningkat. Pada 2018 di bulan yang sama sepeda motor ini hanya di eskpor sebesar 9.984 unit.

Adanya catatan jumlah ekspor yang meningkat, memperlihatkan sepeda motor Honda memiliki daya saing dalam pasar global. Baik dari segi kualitas maupun desain.

Baca Juga: Begini Jadinya Kalau Honda Beat Street ESP Ditambah Warna Baru

"Kami akan terus meningkatkan kontribusi produk anak bangsa di pasar motor internasional sehingga dapat memberikan kebanggaan untuk bangsa kita melalui ekspor Honda BeAT dan juga beragam model sepeda motor Honda lainnya ke berbagai negara," ujar Kurniawati selaku General Manager Overseas Business Division AHM.

Honda BeAT merupakan skutik pertama yang diimpor oleh AHM ke pasar global di Asean. Ekspor dimulai sejak Mei 2015. Salah satu negara yang mengimpor skutik ini yaitu Filipina sebanyak 84.192 unit sepanjang tahun 2019.

Honda BeAT dibekali mesin 110cc enhanced Smart Power (eSP) yang terintegrasi dengan ACG Starter. Pasalnya, teknologi ini mampu membuat suara lebih halus bahkan tanpa suara ketika mesin dihidupkan. Teknologi ini juga menjadi dasar pengaplikasian fitur Idling Stop System (ISS).

ISS merupakan teknologi yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik. Sementara untuk menghidupkannya lagi, pengendara hanya perlu menarik tuas gas.

Baca Juga: Honda Berikan Penyegaran Pada Dua Seri BeAT Ini