POPULAR STORIES

Keadaan Darurat, Ini Cara Simpel Mengatasi Mobil Retromu Ngadat

Keadaan Darurat, Ini Cara Simpel Mengatasi Mobil Retromu Ngadat Foto: Kipli

KabarOto.com - Penampilan mobil klasik memang menggoda, apalagi jika kondisinya klimis dan dirawat apik. Namun, namanya mobil sudah berumur, kadang ada saja persoalan yang menghampiri tiba-tiba.

Ada banyak faktor mobil mendadak mati, lazimnya dari sektor pengapian, bahan bakar hingga setting-an karburator. Nah, ada sedikit tips untuk Sobat Kabaroto yang sedang mengalamin gangguan mesin dari karburator.

"Pertama pastikan dulu koil, busi hingga platina lancar, caranya bisa dicek satu persatu lewat apinya, apa percikannya masih besar ketika di starter atau kecil bahkan tidak ada," ujar Sapta Marhaendra mantan punggawa bengkel Autocraft.

Pria yang penggeber Holden Belmont pikap legendaris itu juga bilang setelah semua dipastikan aman, baru beranjak ke karburator, "Seringnya bermasalah terasa menyendat-nyendat sampai mati, bisa jadi karena kotor maupun setelan tidak pas. Setel dulu putaran throttle didalam karburator, jika dirasa sudah pas baru setel putaran anginnya sampai dirasa stabil," ujarnya saat disambangi di kawasan Tangerang Selatan.

Baca Juga: Rayakan Ultah Member, Komunitas Retro Datsun Jakarta Sekaligus Gelar Kopdar Awal Tahun

Ia menambahkan saat menyetel, usahakan tutup dulu putarannya dari awal, baru perlahan dibuka sampai dirasa tak ada lagi gejala 'nembak' di mesin dan gas buang, "Jangan selalu terpaku dengan instruksi baku seperti harus memutar dengan putaran tertentu, karena itu hanya berlaku jika spare parts masih orisinal, kondisi pengapian dan karburator yang sudah dipakai dalam jangka waktu tertentu bisa berubah, seperti sudah kendur, aus, spuyer rojokan dan sebagainya," tutupnya.

Nah, bisa buat jaga-jaga kan kalau dijalan mengalami masalah.