Keren, Yamaha YZF-R1 Bakal Dibekali Girboks MotoGP

Keren, Yamaha YZF-R1 Bakal Dibekali Girboks MotoGP Honda sudah mengembangkannya sejak beberapa tahun lalu di MotoGP (Foto: Yamaha)

KabarOto.com - Seiring perkembangan teknologi dan zaman, pabrikan otomotif terus memperbaiki produknya dari segi performa maupun estetika. Misalnya seperti peran girboks sebagai pengolah tenaga.

Apalagi berbicara kompetisi yang terjadi di MotoGP. Yamaha pun akhirnya berhasil menerapkan sistem girboks dengan perpindahan sangat halus.

Meski tak mengakui pengembangannya dilakukan di ajang balap paling bergengsi itu, sebuah paten atas transmisi teranyarnya, bocor di dunia maya. Visordown merilisnya dan menyebut aplikasi girboks ini adalah di Yamaha YZF-R1. Ya, versi jalan raya dari tunggangan Valentino Rossi dan Maverick Vinales itu dipatri sistem terkini dari pabrikan lambang garputala.

Sesuai namanya, ‘seamless transmission’ misi utama girboks ini untuk mengantarkan tenaga dengan sangat mulus. Bahkan kehalusannya tetap terjadi, ketika ada perpindahan gigi sekalipun. Seperti diketahui, pada prinsipnya proses perpindahan gigi, selalu menginterupsi pengolahan tenaga.

Baca Juga: Jelang GP San Marino, Para Rider MotoGP Kunjungi Paus Fransiskus Di Vatikan

Solusi praktisnya sudah ada, namanya Continous Variable Transmission (CVT). Girboks ini mengeliminir gerigi yang saling bersinggungan dan menggantinya dengan puli dan sabuk.

Puli ini terus menyesuaikan secara gradual, seiring meningkatnya kecepatan kendaraan dan putaran mesin. Namun lambatnya pengolahan tenaga, menjadi masalah untuk digunakan di jenis motor sport.

Baca Juga: Noda Aspal Membandel Di Bodi? Hilangkan Dengan Cara Ini

Solusi lain Dual Clutch Transmission (DCT). Skema girboks ini memanfaatkan dua kopling yang sudah berada di masing-masing gigi ganjil dan genap, kemudian siap berpindah dengan jeda seminim mungkin. Namun aplikasi di motor sport harus lebih canggih lagi. Di situlah muncul seamless gearbox.

Honda sudah mengembangkannya sejak beberapa tahun lalu di MotoGP. Hal itu sukses membuat Marc Marquez menuai kemenangan. Semua pabrikan pun berlomba menghadirkan skema transmisi yang sama.

Jorge Lorenzo di 2014 sangat mengusahakan hal ini terjadi dengan terus menerus membantu pengujian girboks ini lantaran merasakan efek positifnya ketika sedang mengerem. Proses deselerasi sebelum masuk ke tikungan jadi lebih stabil berkat transmisi anyarnya.

Kini Yamaha sukses menyajikan girboks itu untuk YZF-R1. Lebih canggihnya lagi dari Honda, girboks mereka diisukan memiliki bobot lebih ringan.

Yamaha YZF-R1, kini masih dijual di Indonesia. Generasi teranyarnya dijual lewat dealer R-Shop dengan harga RP 605 juta – Rp 812 juta (OTR Jakarta).

Karena masih masuk proses paten, diperkirakan paling cepat girboks ini hadir pada seri facelift-nya.

Baca Juga: Menilik Kemegahan Ford F1 1948, Proyek Istimewa G Speed Indonesia