POPULAR STORIES

Knalpot Mobil Dua Suara, Karakter Suara Beda Tinggal Pencet Remot

Knalpot Mobil Dua Suara, Karakter Suara Beda Tinggal Pencet Remot

KabarOto.com – Zaman dulu jika sudah memutuskan untuk mengganti knalpot racing, maka konsekuensi yang harus dibayar adalah suara keras, sehingga kurang nyaman di dalam kabin, serta cukup mengganggu apabila masuk ke komplek atau gang perumahan.

Tapi sekarang enggak perlu khawatir jika ingin tetap mengganti knalpot, karena ada knalpot dua suara. Jadi tetap bisa suara standar dan dapat di-setting suara racing, hanya dengan memencet tombol remot saja.

“Knalpot ini kita sebut valvetronic, solusi untuk yang mau suara standar bisa dan racing bisa. Kita ada dua jenis, pertama model elektrik dan juga vacum. Bedanya elektrik pemasangannya lebih mudah karena dicolok ke soket lighter, jadi bisa dicabut jika mau dimatikan agar tidak makan aki,” ujar Hasyim owner Indojaya Knalpot.

Baca Juga : Ganti Knalpot Sesuai Fungsi, Begini Tipsnya

Cara kerjanya cukup sederhana, valve yang dipasang ke exhaust system akan membagi jalur keluar knalpot. Bila diaktifkan maka valve akan terbuka dan membuat suara racing. Sementara jika valve menutup jalur suara akan kembali normal seperti standar.

Untuk pemasangannya sendiri, Indojaya Knalpot di Jl. Panjang ini juga sekaligus terima jasa pasang. “Ada tipe basic dan full system, kalau basic kita pasang di tengah sebelum resonator jadi cut out suara akan keluar dibagian tengah. Sementara kalau full system, kita ganti semuanya sehingga tidak hanya suara, namun tenaga juga meningkat,” jelasnya.

Contoh valvetronic untuk mobil Eropa dengan kapasitas besar.

Soal harga, banderol valvetronic ini mulai dari paket Basic Rp 3,5 juta, dalam paketnya mendapat custom piping, lalu resonator pipa putar balik untuk mobil matic, tailpipe, dan tentunya valvetronic elektriknya, tapi masih memakai muffler standar sehingga harus potong pipa untuk membagi jalur.

Baca Juga : Tesla Model S Pakai Pelek TE37, Makin Keren!

Sementara paket full system valvetronic mulai dari Rp 8,5 juta hingga Rp 16,5 jutaan, itu untuk mobil sekelas city car, sedan seperti BMW atau Mercedes-Benz, dan sebagainya dengan mesin berkapasitas besar yang butuh dua valve. Dalam paketnya sudah termasuk downpipe, frontpipe, resonator, muffler semuanya. Oh iya penggunaan bahan disini adalah stainless steel agar awet dan tidak keropos.

Valvetronic dengan ukuran lebih kecil untuk city car.

Setiap pembelian valvetronic mendapat garansi 6 bulan. Alat ini bisa pindah-pindah mobil loh pemasangannya. Waktu instalasi juga terbilang singkat, pasang paket basic hanya butuh waktu sekitar 2-3 jam. Namun kalau mau paket full system butuh waktu 1-2 hari mobil menginap di bengkel.

Bagaimana? Berminat sob pakai knalpot dua suara sob?