POPULAR STORIES

Kode Pada Ban Motor Yang Harus Dipahami Sebelum Membeli

Kode Pada Ban Motor yang Harus Dipahami Sebelum Membeli Ban Tubeles sepeda motor (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Ban merupakan bagian di sepeda motor yang sangat penting fungsinya, berhubungan langsung dengan aspal, menjadi pengendali akselerasi, memberi keamanan dan keselamatan. Ada kode-kode pada ban yang harus dipahami sebelum membeli, letaknya ada di dinding (samping).

Kode tersebut berupa angka atau huruf memiliki arti. Wahyu Budi, Training Analist PT Wahana Makmur Sejati (WMS) beberapa waktu lalu mengatakan, kode-kode pada ban sepeda motor memiliki arti yang harus dipahai. Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Seputar Ban Tubeless Sepeda Motor Dan Cara Merawatnya

Metrix

Merupakan angka seperti 80/90-14 atau 110/90-17. Angka pertama ukuran bagian terlebar dari ban, sementara kedua adalah persentase dari lebar ban. Sementara ketiga ukuran diameter pelek.

Diartikan, jika ada kode 80/90-14 berarti ban motor tersebut memiliki lebar 80 mm, tinggi dinding ban 72mm dan untuk pelek ukuran 14 inci.

Kode di dinding ban motor (Foto: KabarOto)

Inci

Jika pada sisi ban ada kode angka 2.75-17, artinya ban tersebut memiliki lebar 2,75 inci, tinggi dinding 2,75 inci, bisa digunakan pada motor dengan pelek berukuran 17 inci.

Tread Wear Indicator (TWI)

Merupakan simbol untuk menunjukan batas ideal penggunaan ban motor. Tandanya berupa tonjolan di sela-sela patern ban atau tanda segitiga di dinding ban.

Ini menunjukan batas keausan alur ban motor yang layak digunakan. Jika keausan sudah mencapai tanda ini, sebaiknya segera diganti.

Tubetype atau Tubeless

Ban motor ada dua jenis, tube dan tubeles. Tubetype biasanya untuk pelek jari-jari menggunakan ban dalam, dan tubeles tanpa ban dalam. Tipe ban motor tubeles digunakan pada pelek palang, harus menggunakan ukuran yang sesuai dengan pelek, juga menggunakan pentil khusus.

DOT

Mungkin Anda pernah melihat angka seperti 2014. Empat angka tersebut menunjukan kode waktu ban motor tersebut diproduksi. Terdiri dari 4 angka, berarti minggu dan tahun produksi. Sebagai contoh, angka 2014 memiliki arti minggu ke 20 tahun 2014.

Rotation

Ada bentuk bentuk arah panah, menunjukan putaran ban yang tetap, agar ban motor berfungsi dengan baik. Meski begitu, di sejumlah merek, arah ini bisa berputar terbalik, fungsinya menjadi maksimal. Jika dalam pemasangan dilakukan seperti ini, lebih baik bertanya kepada penjual dan pemasang, jangan sampai salah dalam pemasangan.

Baca Juga: Ganti Pelek Dan Ban Baru? Harus Langsung Wheel Alignment

Load Index dan Speed Symbol

Ada kode bertuliskan 41P, ini berarti beban maksimal untuk ban adalah 145 kg, dan kecepatan maksimum menggunakan beban itu 150 kpj.