POPULAR STORIES

Kompon Ban Paling Cocok Untuk F1 Bahrain 2023

Kompon Ban Paling Cocok Untuk F1 Bahrain 2023 Foto : F1

KabarOto.com - Akhir pekan ini Formula 1 akan menyelenggarakan seri pertama musim 2023. Pembukaan akan dilakukan di Bahrain, dan seperti biasa Pirelli telah menyediakan ban dengan beberapa opsi kompon yang cocok untuk karakter trek Sirkuit International Bahrain.

Tahun ini, Pirelli memiliki enam kompon yang tersedia mulai dari C0 paling keras atau ban C1 pada tahun 2022, hingga C5 paling lembut. Tim akan memiliki 2 set ban hard, 3 set ban medium dan 8 set soft per mobil ditambah ban intermediet dan basah jika diperlukan.

Baca juga: Sirkuit Catalunya Direvisi Hilangkan Chicane

Pirelli juga mengatakan bahwa Sirkuit Internasional Bahrain memiliki beberapa aspal paling abrasif tahun ini, dan suhu cukup ekstrem yang dapat mencapai 45 derajat Celcius pada siang hari, dan turun setidaknya 15 derajat Celsius pada malamnya. Sementara angin dari gurun sekitarnya juga mempengaruhi daya cengkram ban ke aspal.

Untuk melakoni 57 lap dan jarak 308,238 km, Pirelli juga sudah menetapkan tekanan angin 21 psi di depan dan 18,5 psi di belakang, dengan tingkat kemiringan camber -3,50 derajat, dan -2.00 derajat.

Baca juga: Jadwal F1 Bahrain 2023, Seri Pembuka Tahun Ini

"Balapan pertama kejuaraan ini akan menjadi tes penting untuk memvalidasi semua pekerjaan pengembangan yang telah kami lakukan tahun lalu, memungkinkan kami untuk lebih meningkatkan struktur ban, dan memperkenalkan kompon baru," kata Direktur Motorsport Pirelli Mario Isola.