POPULAR STORIES

Kurir TiKi Bakal Gunakan Motor Listrik Smoot Untuk Antar Barang

Kurir TiKi Bakal Gunakan Motor Listrik Smoot untuk Antar Barang Motor listrik Smoot yang akan digunakan TiKi mengantar barang ke konsumen

KabarOto.com - Mendukung transisi kendaraan ramah lingkungan di Indonesia, produsen motor listrik Smoot, menjalin kerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman PT Citra Van Titipan Kilat atau Tiki. Nantinya, kurir TiKi akan menggunakan motor listrik Smoot untuk antar barang.

Selain menyediakan armada TiKi EVS (Electric Vehicle Squad), kerjasama ini juga meliputi infrastruktur Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

"TiKi memiliki jaringan distribusi luas, tersebar di seluruh Indonesia, ada 500 kantor perwakilan dan lebih dari 3.700 gerai," terang Yulina Hastuti, Direktur Utama TiKi. Instalasi SPBKLU Swap di 17 gerai TiKi merupakan sebuah permulaan, untuk membangun kolaborasi strategis.

Pengumuman kerjasama ditandai dengan peresmian SPBKLU di gerai TiKi Pemuda, dan pelepasan armada
TiKi EVS berbasis motor listrik. Hal ini sekaligus menjadi langkah awal perusahaan ini mentransisi kendaraan operasionalnya, melalui pemanfaatan energi rendah emisi.

Baca Juga : Begini Dukungan Pemerintah Untuk Bengkel Konversi Motor Listrik

“Kami sangat senang dapat turut berkontribusi melalui aset jaringan, untuk mendukung upaya pemerintah dan pelaku industri otomotif, mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” tutur Yulina.

Motor listrik yang akan digunakan kurir TiKi

Tak hanya mengembangkan stasiun penukaran baterai, kerjasama juga mencakup pengadaan armada motor listrik. Tahap awal, TiKi akan mengoperasikan 10 motor listrik buatan Smoot untuk melayani wilayah DKI Jakarta.

"Ini akan menjadi percontohan bagi para mitra keagenan TIKI di daerah untuk menerapkan hal yang serupa di wilayahnya," ujar Trie Maulana, Direktur Pelaksana TIKI.

Baca Juga : Deretan Sepeda Motor Termurah Di IIMS 2023, Didominasi Listrik

Lebih lanjut, Rosyeni, Direktur Sales & Partnership Smoot dan Swap menegaskan, antusiasme masyarakat Indonesia terhadap motor listrik terus meningkat.

Smoot Kerjasama dengan TIKI

"Sejak meluncur 2021 sampai sekarang, kami sudah menjual lebih dari 5.000 unit," jelasnya. Untuk mendukung kenyamanan mobilitas para konsumen, mereka terus mengupayakan ketersediaan jaringan SPBKLU Swap, bekerjasama dengan mitra, yang mumpuni dan memiliki jaringan luas.

"Kerjasama ini menggenapi jaringan SPBKLU kami, sudah mencapai lebih dari 1.000 stasiun,” papar Rosyeni lagi. Saat ini terdapat 9 SPBKLU Swap di gerai TiKi yang telah beroperasi. Rencananya akan menyediakan 17 SPBKLU, bagi pemilik kendaraan motor listrik.

"Sisanya secara bertahap dalam waktu dekat, dengan cakupan wilayah antara lain Jabodetabek, Bandung,
Sukabumi, Cianjur, Lampung, Balikpapan dan Palembang," tutupnya.