POPULAR STORIES

Begini Dukungan Pemerintah Untuk Bengkel Konversi Motor Listrik

Begini Dukungan Pemerintah untuk Bengkel Konversi Motor Listrik Konversi motor konvensional menjadi hybrid (Foto: kabarOto)

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia terus mendorong agar masyarakat Indonesia menggunakan kendaraan listrik. Tak hanya kendaraan baru, konversi dari motor konvensional ke listrik pun sudah mulai dibuat oleh sebagaian pengguna motor.

Pemerintah mendukung bengkel konversi yang mengubah mesin bensin menjadi listrik, agar emisi gas buang menjadi berkurang, selain itu juga hemat biaya. Karena penggunanya tak lagi membeli bahan bakar.

Baca Juga: Bataraz Luncurkan Paket Konversi Listrik Untuk Sepeda Lipat Di IIMS 2023

"Kami tak hanya memperhatikan APM penjual motor listrik baru saja, tetapi juga motor konversi, dalam hal ini mendukung bengkel yang bisa melakukan konversi motor listrik," ujar Budi Setyadi, Ketua Umum Asosiasi Industri Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) di IIMS 2023, belum lama ini.

Motor konvensional diubah menjadi hybrid (Foto: KabarOto)

Dia mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki komitmen dengan memberikan kemudahan dalam aspek manufacturing kendaraan listrik di Indonesia. "Di antaranya membangun infrastruktur penunjang produksi, seperti fasilitas uji tipe kendaraan listrik serta bengkel konversi sepeda motor listrik," jelas Budi.

Danto Restyawan, Direktur Sarana Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan menambahkan, jika tertarik untuk membuat bengkel konversi motor listrik bisa menghubungi pihaknya. "Nanti kami akan bantu," papar dia.

Baca Juga: Motoriz Bisa Konversi Motor Listrik Dalam Waktu 45 Menit

Tentunya, ini menjadi peluang bagi masyarakat yang memiliki keahlian khusus, diperkirakan, ke depan, banyak pemilik motor yang akan mengubah kuda besi konvensionalnya menjadi listrik.