POPULAR STORIES

Lamborghini Invencible Jadi Edisi Terakhir Mesin V12

Lamborghini Invencible jadi Edisi Terakhir Mesin V12 Foto: Lamborghini

KabarOto.com - Lamborghini Invencible hadir sebelum debut mobil sport hybrid dari perusahaan yang didirikan oleh Ferruccio Lamborghini, Invencible menjadi edisi terakhir yang bakal menggendong mesin V12 murni. Menonjolkan DNA kuat Lamborghini sebagai supercar.

"Mesin V12 adalah salah satu pilar sejarah kami dan kesuksesan marque kami, saat ini menuju era baru hibridisasi di jantung strategi Cor Tauri kami, ini adalah cara Lamborghini merayakan edisi terakhir mesin V12 yang secara sempurna mewakili konsep keunggulan kami dalam personalisasi," ujar Stephan Winkelmann, Ketua dan CEO Automobili Lamborghini.

Baca juga: Lamborghini Huracan Sterrato Versi Sepeda Dibanderol Rp235 Jutaan

Didesain Lamborghini Centro Stile sebagai inti dari kreativitas maksimal menggunakan platform V12, yang mencerminkan isyarat desain yang telah berkontribusi pada signifikansi ikonik perusahaan, serta menggambarkan karakter sport terinspirasi oleh trek balap. .

Invencible memberikan penghormatan kepada mahakarya desain Lamborghini Sesto Elemento, sebuah penghormatan terhadap bobot ringan dan motor sport yang dicirikan oleh sayap belakang yang besar, Reventón dengan gaya interior ala kokpit yang unik, kemudian Veneno yang membawa pencarian kesempurnaan aerodinamis secara ekstrem.

"Kami telah menciptakan mobil one-off dengan karakter uniknya, terinspirasi oleh lintasan dan lingkungan sirkuit beroktan tinggi. Dirancang oleh Lamborghini Centro Stile, mengerahkan kreativitas maksimal pada platform V12. Desain satu kali ini mengacu pada DNA desain unik kami sekaligus mengangkat warisan desain kami ke tingkat yang baru," ungkap Mitja Borkert, Head of Design Automobili Lamborghini.

Mengaplikasikan sais monocoque serat karbon yang sama dari Aventador, diproduksi di Sant'Agata Bolognese, Italia, bersama dengan bodywork karbon penuh yang menggabungkan desain dan teknologi, berhasil diuji oleh Lamborghini di motorsport. Kap mesin mirip Essenza SCV12, bersama dengan splitter depan yang menonjol lengkap dengan penyangga vertikal yang dirancang untuk mengatur aliran udara dengan cara yang paling efisien.

Exhaust model hexagon, motif terkenal dari desain Lamborghini modern, terintegrasi secara harmonis namun mencolok ke dalam elemen visual mobil yang khas, dimulai dengan perakitan lampu depan dan belakang yang mencolok yang disorot oleh lampu LED heksagonal yang inovatif. Di kap mesin, intake udara mengingatkan pada Sesto Elemento, dan isyarat yang sama diulangi di knalpot rangkap tiga dengan tip Inconel: paduan baja performa tinggi khusus yang berasal dari industri kedirgantaraan.

Interior kedua mobil ini didominasi oleh garis-garis yang bersih, dengan dasbor minimalis yang disempurnakan dengan ventilasi udara cetakan 3D heksagonal dan tidak ada instrumentasi pada konsol, untuk menonjolkan keringanan kabin dan memusatkan perhatian pada kenikmatan berkendara murni. Kokpitnya sendiri dibingkai dalam serat karbon, dengan pembacaan digital yang menampilkan grafik khusus untuk setiap mobil.

Baca juga: Lamborghini Urus Performante Rilis Di Thailand Tembus Rp11 Miliar

Lamborghini Invencible coupé dicirikan oleh kontras halus antara warna dominan merah dan elemen tampilan karbon yang diperkuat oleh 'serpihan' merah. Bodywork Rosso Efesto dilengkapi dengan kusen dan kusen pintu dari karbon, seperti kaliper rem di Rosso Mars, yang berada di belakang roda mur tunggal dengan fairing serat karbon untuk ventilasi rakitan rem. Pada pintu gunting klasik, terdapat dua triwarna heksagonal yang menonjol: sebuah penghargaan untuk bendera Italia yang bergema di lapisan pintu serta di roda kemudi.

Interiornya, dengan warna yang sama dengan bodywork, kontras dengan kulit Rosso Alala dan Nero Cosmus Alcantara, dipertegas dengan sulaman yang dipersonalisasi pada Rosso Alala dan Nero Ade. Dasbor menampilkan logo Lamborghini di Rosso Efesto: warna yang sama digunakan untuk dayung perpindahan gigi di roda kemudi.

Invencible adalah mobil terakhir yang diproduksi oleh Lamborghini yang dilengkapi dengan mesin V12 6.500 cc yang dipasang secara longitudinal di belakang (Longitudinale Posteriore: 'LP'). Penghormatan terakhir untuk powertrain Lamborghini V12 yang keluar menghasilkan 670 dk dan torsi maksimum 720 Nm pada 6.750 rpm, dipadukan dengan gearbox ISR tujuh kecepatan, penggerak empat roda, dan sistem Kemudi Dinamis Lamborghini yang mengontrol keempat roda.