POPULAR STORIES

Sejarah Lamborghini, Dari Traktor Hingga Supercar Eksotis

Sejarah Lamborghini, dari Traktor Hingga Supercar Eksotis Sumber: Lamborghini

KabarOto.com – Memiliki mobil super sekelas Lamborghini mungkin jadi impian semua orang. Model eksotis dan agresif, mewah, performa kencang pun jadi tolak ukur mobil ini banyak jadi koleksi wajib orang-orang berkantung tebal. Namun apakah kalian tahu ternyata jauh sebelum seperti sekarang, Lamborghini adalah merek traktor.

Pabrikan asal Italia itu berawal dari pria bernama Ferrucio Lamborghini. Sebelumnya ia pernah bekerja jadi teknisi angkatan udara Italia, setelah perang selesai. Ia melanjutkan hidupnya dengan membuat traktor, dan alat elektronik rumah tangga lainnya.

Baca juga: Modifikasi Lamborghini Huracan Doni Salmanan Habis Ratusan Juta

Keinginan membuat mobil juga tidak terlepas dari peran Ferrari. Ia membeli mobil Ferrari 250 GT namun menurutnya mobil tersebut masih memiliki masalah seperti koplingnya berat. Berniat komplain langsung ke Enzo Ferrari, dirinya malah dicibir oleh Enzo. Akhirnya Lamborghini memperbaiki sendiri mobilnya dan menemukan kopling 250 GT miliknya sama seperti traktor yang dibuatnya.

Bermarkas di kota Bologna, Italia, ia kemudian merekrut mantan pegawai Ferrari Gyoto Bizarini, Franco Scaclion, dan Gyan Paulodalara. Dari hasil kerja keras mereka, lahirlah sport car pertama Lamborghini yakni 350 GT yang debut di Geneva Motor Show tahun 1963 diproduksi 120 unit. Memiliki kapasitas 3.500 cc konfigurasi V12 dengan kecepatan tertinggi 249 kpj dan akselerasi 100 kpj dalam 6,8 detik.

Lamborghini 350 GT.

Selanjutnya, jika kita sadari nama mobil-mobil Lamborghini hampir semua menggunakan nama banteng. Diketahui Ferrucio memang sangat identik dengan hewan kuat ini, karena dirinya berzodiak Taurus.

Lalu Miura P400 pada 1968 merupakan nama teman dekat Ferrucio, Eduardo Miura yang berternak banteng. Mobil ini mendapat julukan The Original Supercar karena konfigurasi mesin tengahnya, dan memiliki penggerak roda belakang. 338 unit berhasil dibuat hingga 1971, memiliki kecepatan tertinggi 285 kpj dan akselerasi 6,5 detik.

Lamborghini Miura.

Masih pada 1968, ada Espada yang diambil dari nama pedang Spanyol. Sportcar ini masih memiliki ruang cukup untuk penumpang belakang. Memiliki kapasitas 3.900 cc V12, bisa dipacu hingga 250 kpj dan akselerasi 6,5 detik. Produksinya jadi paling banyak, tercatat 1.227 unit saat itu.

Lamborghini Countach.

Baca juga: Lamborghini Huracán Tecnica, Paling Kuat Dan Lincah

Kemudian ada Countach yang diperkenalkan pertama kali pada 1971, namun baru produksinya baru pada 1973. Namanya sendiri juga berasal dari kata-kata yang biasa disebutkan orang Italia ketika terkejut. Memiliki keunikkan di mana tren supercar memiliki pintu terbuka ke atas, mungkin lahir dari mobil ini. Dibekali mesin 3.900 cc V12 mampu akselerasi 100 kpj lima detik, dan kecepatan 300 kpj.

Akibat krisis keuangan dan ekonomi saat itu, tahun 1998 saham Lamborghini dibeli oleh Volkswagen Group, dan mobil pertama yang menjadi pembuka era tersebut adalah Lamborghini Murcielago namanya diambil dari nama Kelelawar dalam bahasa Prancis, memiliki mesin 6.200 cc V12 mampu akselerasi 0-100 kpj hanya 3,8 detik dan kecepatan tertinggi 330 kpj. Mobil ini juga dikendarai karakter Bruce Wayne di film Batman Return.

Lamborghini Murcielago.

Mengikuti kisah sukses Murcielago, Gallardo hadir dengan mesin 5.200 cc V10 mampu akselerasi 100 kpj dalam waktu 4,3 detik, dan dapat digeber sampai 309 kpj.

Lalu pada 2007 di Frankurt Motor Show, Lamborghini Reventon yang namanya diambil dari banteng artinya ledakan dalam bahasa Spanyol, hanya 21 unit diproduksi dari 2008 hingga 2009 dan satu unit bersemayam di Lamborghini Museum.

Sesto Elemento

Selanjutnya Sesto Elemento hanya 20 unit di dunia, menggunakan hampir seluruhnya terbuat dari karbon, berat mobil ini tidak lebih dari satu ton. Dibekali mesin 5.200 cc V10 membuatnya mampu akselerasi 2,5 detik dan kecepatan maksimal 356 kpj. Membuatnya dinobatkan sebagai Lambo teringan, dan tercepat sejauh ini.

Baca juga: Lamborghini Huracán GT3 EVO2, Lanjutkan Kesuksesan Di Lintasan Balap

Lamborghini Veneno Roadster

Lalu salah satu yang juga sangat langka adalah Veneno, tercatat hanya ada 14 unit, di mana diantaranya adalah sembilan roadster, dan lima memiliki atap. Namun dari lima, hanya tiga unit yang dijual, karena dua lainnya digunakan untuk pengetesan dan satu unit lainnya dipajang di museum Lamborghini.

Berikut di bawah ini varian supercar Lamborghini lainnya: