POPULAR STORIES

Lamborghini Pamer Sasis LB744 Sang Penerus Aventador

Lamborghini Pamer Sasis LB744 Sang Penerus Aventador Sasis Lamborghini LB744 (foto : Lamborghini)

KabarOto.com – Pabrikan supercar asal Italia, Lamborghini baru-baru ini memamerkan sasis baru sebagai penerus Lamborghini Aventador.

Sedikit sejarah, Lamborghini Aventador memulai debutnya pada Febuari 2011 lalu. Setelah 12 tahun akhirnya penerus Aventador ini menjadi supercar plug-in hybrid V12 yang dikenal dengan nama kode LB744.

Baca juga: Lamborghini Huracan Tecnica Racikan Novitec Terlihat Lebih Sempurna

Sebelum meluncurkan LB744, pihak pabrikan memberikan bocoran dengan memperlihatkan sasis mobil tersebut. Melalui bocoran ini, pihak Lamborghini memberikan struktur sasis karbon yang lebih ringan dan lebih kaku dari pendahunya.

Pihak pabrikan berlogo banteng ini menyebut stuktur karbon yang diperpanjang ini sebagai ‘monfuselage’. Memiliki struktur sasis gabungan baru 10 persen lebih ringan dan memiliki kekakuan torsional 25 persen lebih banyak.

Bagian paling menarik dari sasis baru ini pada bagian bingkai perimeter ‘rocker ring’ baru yang mengelilingi subframe depan. Alih-alih terbuat dari aluminium, struktur bagian depan sepenuhnya terbuat dari serat karbon dan diklaim memiliki tingkat penyerapan energi dua kali lipat dari Aventador dengan bobot lebih ringan hingga 20 persen.

Namun, sasis ini masih ada campuran logam pada bagian baut belakang untuk menopang mesin dibuat dari aluminium. Tetapi, Lamborghini klaim bahwa bagian suspensi shock tower dan komponen suspensi powertrain ke dalam struktur tunggal ini mengurangi bobot dan menghasilkan peningkatan kekakuan.

Baca juga: Lamborghini Aventador Resmi Tidak Lagi Diproduksi, Sang Pengganti Lebih Agresif

Soal performa, Lamborghini berhasil mempertahankan mesin V12 berkapasitas 6.500 cc tetapi dengan penambahan teknologi Plug-in Hybrid (PHEV) agar lebih ramah lingkungan. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 814 dk di 9.250 rpm dengan torsi 725 Nm di 6.750 rpm. Tetapi, dengan tambahan dua motor listrik di depan dan belakang mampu mendongkrak tenaga hingga 1.001 dk.

Motor listrik ini ditenagai oleh baterai kecil 3,8 kWh yang terletak di transmission tunnel yang dapat diisi dalam waktu 30 menit dengan charging 7 kW. Bagi Sobat yang tidak sabar, Lamborghini LB700 akan meluncur pada Rabu 29 Maret 2023 ini.

Bocoran tampilan instrumen kluster Lamborghini LB744