Lebih Canggih, Nissan Serena 2020 Dibekali Sistem ProPilot

Lebih Canggih, Nissan Serena 2020 Dibekali Sistem ProPilot Foto: Nissan

KabarOto.com – Didera persoalan PHK massal dan penutupan beberapa pabrik, termasuk di Indonesia beberapa waktu lalu. Namun Nissan Jepang masih mengembangkan MPV andalannya, Serena.

Menjadi minivan terlaris di pasar Jepang pada tahun 2018, Nissan tetap berinvestasi dan berusaha mempertahankan posisinya dengan memperkenalkan Serena model facelift tahun 2020. Di Jepang, sudah siap generasi barunya dengan nama Nissan Serena MY2020.

Dilansir dari Carscoops.com, facelift model 2020 menghadirkan ubahan minor di eksterior maupun interior. Perubahan di eksterior terlihat pada bagian depan yang sudah menggunakan lampu adaptif LED, gril V-motion terbaru dengan ujung krom melewati lampu depan dan bumper baru dengan spoiler bawah terintegrasi.

Baca juga: Nissan Navara 2020, Pikap Tangguh Dengan Teknologi Baru

Tipe Highway Star sebagai tipe Serena tertinggi, hadir dengan bentuk gril yang lebih besar, dibandingkan model standar. Membuatnya terlihat lebih mewah, ditambah lampu belakang LED dengan detail krom dan desain bumper belakang. Pembeda dengan model yang dilengkapi sistem hybrid e-Power, menggunakan pelek eksklusif 16 inci.

Terdapat dua warna eksterior baru yang dihadirkan dari 12 warna yang sudah ada untuk Serena baru ini, yaitu warna Sunrise Orange dan Dark Metal Grey. Keduanya dapat dipilih sesuai keinginan konsumen, dengan atap Diamond Black untuk efek two tone.

Masuk ke interior, pembaruan hanya dilakukan pada desain panel spidometer dan kain jok, sesuai dengan tipe mobil. Ini masih ditambah opsi sarung jok tahan air, yang mampu menjaga kotoran dan air agar tidak menodai.

Kabarnya juga akan ada penambahan fitur untuk model facelift 2020 ini, meliputi hands-free auto sliding rear doors, intelligent rear-view mirror dan slider otomatis untuk memudahkan keluar masuk tempat duduk baris ketiga.

Serena model facelift 2020 juga mendapatkan pembaruan pada sistem keselamatan canggih yang dinamakan ProPilot driving assistance. Teknologi ini meliputi fitur seperti Intelligent Blind Spot Intervention dan Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Emergency Braking, Road sign detection function.

Baca juga: Profil - All New Nissan Livina

Serta ada Emergency Assist for Pedal Misapplication, yang berguna apabila pengemudi salah menginjak pedal gas, bukan pedal rem. Nantinya, sistem ProPilot akan memberikan pengereman yang lebih halus. Nissan mengklaim kontrol kecepatan telah dioptimalkan agar pengereman lebih lancar dalam berbagai kondisi.

Beralih ke dapur pacu, Nissan memberikan 2 pilihan. Pertama mesin bensin MR20DD berkapasitas 2.000 cc dengan konfigurasi penggerak roda depan, juga ada opsi mesin S-Hybrid berkode MR20DD-SM24, berkapasitas 2.000 cc, dengan konfigurasi penggerak roda depan atau all wheel drive.

Baca juga: Mengulas Sejarah Nissan X-Trail Di Indonesia

Ada juga tipe e-Power, yang memakai mesin HR12DE-EM57. Namun mesin berkapasitas 1.200 cc ini hanya digunakan sebagai pembangkit listrik untuk mengisi daya baterai lithium-ion. Jadi penggerak utamanya tetap motor listrik. Varian ini hanya tersedia pada model Serena 7 seater.

Harga Nissan Serena model baru untuk pasar Jepang dibanderol mulai ¥ 2.399.760 atau sekitar Rp 319 juta. (Nora Dian Pratama)