Nissan Navara 2020, Pikap Tangguh Dengan Teknologi Baru

Nissan Navara 2020, Pikap Tangguh dengan Teknologi Baru Foto: Nissan

KabarOto.com – Bagi penggemar double cabin, generasi terbaru Nissan Navara bakal rilis di 2020 loh. Namun baru untuk pasar Eropa. Cocok untuk yang punya jiwa petualang dan senang eksplor daerah wisata baru.

Awalnya, nama Navara merupakan penerus Nissan Frontier yang mulai dijual pada tahun 1998. Di Indonesia sendiri, Navara lahir pada tahun 2015 lalu, dengan nama All New Nissan Navara.

Nanti, generasi terbarunya bakal punya banyak peningkatan soal efisiensi mesin, juga transmisi manual 6 percepatan baru, suspensi yang ditingkatkan dan penggunaan rem cakram di keempat roda sebagai standar untuk pengereman yang semakin presisi.

Baca juga: Mengulas Sejarah Nissan X-Trail Di Indonesia

"Navara generasi baru ini dikembangkan dari pengalaman 80 tahun Nissan dalam merancang pikap yang kuat dan praktis," kata Paolo D'Ettore, Direktur Unit Bisnis LCV.

Andalannya adalah mesin diesel baru berkapasitas 2.300 cc, namun dengan turbo ganda dan telah memenuhi standar uji emisi Euro6. Mesin ini menggunakan piston baja dan teknologi Diamond-Like Carbon Coating, serta rasio kompresi yang lebih rendah yaitu 15,1:1. Nissan memberikan 2 opsi tenaga, yakni 160 dk dan 190 dk, yang mengalami peningkatan torsi 22 Nm, kini jadi 450 Nm.

Mesin baru berkapasitas 2.300 cc dengan turbo ganda

Konsumsi dapur pacu yang digunakan Navara baru, diklaim Nissan lebih efisien dengan penghematan bahan bakar hingga 6,9 liter per 100 km atau sekitar 1:14,4 kpl, memakai metode NEDC-back translation Combined Cycle. Selain lebih efisien, gas buang Navara juga semakin rendah dengan teknologi Diesel Particle Filter (DPF) dan Selective Catalytic Reduction (SCR).

Menjaga konsumsinya tetap efisien, tekanan sistem injeksi bahan bakar meningkat dari 2.000 menjadi 2.200 bar, menggunakan sistem pompa yang baru.

Untuk pengendalian yang semakin mudah, sistem transmisi baru yang digunakan menggunakan manual 6 percepatan, yang diproduksi di Eropa. Atau ada opsi transmisi otomatis 7 percepatan.

Penggunaan sistem transmisi baru ini diklaim memberikan peningkatan signifikan, antara lain perpindahan gigi yang semakin mudah berkat tuas persneling yang lebih pendek, peningkatan sinkronisasi kabel ke girboks dan pengurangan getaran mesin.

Baca juga: Keren Nih, Nissan Silvia S14 Ini Kena Modif

Meningkatkan keamanan dengan tenaga besar, Nissan memasang cakram baru di keempat roda. Diameter cakram yang digunakan mengalami peningkatan di roda depan dari ukuran 296 mm menjadi 320 mm. Sedangkan bagian belakang, dari rem teromol menjadi cakram berukuran 308 mm.

Navara sendiri terkenal punya kenyamanan berlebih sebagai d-cab. Kini untuk lebih menambah kenyamanan, Navara baru menggunakan suspensi belakang 5-link. Sistem ini dipercaya mampu meningkatkan kenyamanan dan pengendalian, tanpa mengurangi kemampuan saat mengangkut muatan.

Sudah punya tenaga besar dengan kenyamanan mumpuni, Navara juga ada segudang teknologi baru seperti Intelligent Trailer Sway Assist. Selain teknologi yang telah ada di generasi sebelumnya, misal Intelligent Emergency Braking, Hill Start Assist, Hill Descent Control, dan Intelligent Around View Monitor.

Pun untuk pengemudi dan penumpang, disematkan sistem hiburan untuk keseruan perjalanan, yakni teknologi NissanConnect baru yang diperbaharui dengan Alliance In-Vehicle Connectivity (A-IVC). Layanan NissanConnect ini sudah mendukung koneksi 4G, untuk memungkinkan transfer data tanpa menggunakan kabel.

Baca juga: Profil - All New Nissan Livina

Fitur ini memungkinkan penumpang menghubungkan konten di ponsel dengan melakukan mirroring. Sistem entertainment Navara baru menggunakan layar 8 inci beresolusi High Definition, dengan dukungan kontrol multi-touch dan waktu respon yang lebih cepat. Plus, sistem entertainment baru ini sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Harganya, untuk pasar Eropa di kisaran Rp 555 juta. Kapan masuk pasar Indonesia ya? (Nora Dian Pratama)

Data Spesifikasi:

Mesin: Twin Turbo Diesel, kapasitas 2.300 cc

Tenaga: 190 dk @ 3.750 rpm

Torsi: 450 Nm @ 1.500 rpm

Transmisi: Manual 6 percepatan atau Otomatis 7 percepatan

Suspensi: Double wishbone dengan stabilizer (depan), 5-link dengan per keong dua stage dan batang stabilizer (belakang)

Rem: cakram 320 mm (depan) dan 308 mm (belakang) dengan ABS, BA, EBD, TCS, VDC dan TSA1

Dimensi (P x L x T): 5.280 x 1.850 x 1.855 mm (dengan roof rail)

Dimensi Bak (P x L): 1.585 x 1.560 mm

Roda: Pelek alloy 18 inci, ban 255/60R18

Kedalaman rendam: 600 mm

Ground clearance: 219 – 223 mm (pada sumbu roda belakang)

Bobot kotor: 3.250 kg

Daya angkut: 1.150 kg