POPULAR STORIES

Libas Medan Berat Dan Jauh, Cek Kaki-kaki Saat Pulang Mudik

Libas Medan Berat dan Jauh, Cek Kaki-kaki Saat Pulang Mudik Kerusakan kaki-kaki mobil, memang tidak sepenuhnya karena jalanan rusak atau berlubang melainkan faktor umur dan kualitas material (Foto: Kipli)

Kabaroto.com - Waktu perjalanan mudik, baik berangkat maupun pulang pasti melewati berbagai kondisi jalan. Tidak hanya melewati ruas tol yang lurus dan mulus, tapi juga jalan rusak dan berlubang.

Jika sudah begitu, ada kemungkinan kaki-kaki mobil pun kena imbasnya. Dan pastinya mempengaruhi kenyamanan saat berkendara, bahkan berakibat fatal bagi keselamatan pengendara dan penumpang mobil.

Dijelaskan Herry Liu, dari Bengkel Bandar Per, Tangerang, permasalahan yang sering terjadi di kaki-kaki mobil, baik buatan Jepang atau Eropa, terdapat pada bagian karet. Namun, untuk mobil Eropa biasanya memang karena umur pemakaian, sedangkan mobil Jepang karena kualitas bahan yang tak sebaik Eropa.

Baca Juga: Mau Mudik Tapi Kaki-kaki Mobil Bermasalah? Rekondisi Bisa Jadi Alternatif

"Lazimnya problem ada pada karet bushing arm, bushing crossmember, bushing lower arm, bushing rack steer yang sudah sistem elektrik dan bukan sistem pompa seperti mobil keluaran lama," jelas pria rajin nge-gym itu saat berbincang dengan KabarOto di bengkelnya Jumat (22/6/2018).

Menurutnya, karena karet bushing memiliki letak yang tersembunyi, jadi sering diabaikan dan tidak mendapatkan perawatan seperti komponen kaki-kaki mobil lainnya.

Kerusakan kaki-kaki mobil, memang tidak sepenuhnya karena jalanan rusak atau berlubang. Karena saat ini, banyak mobil Jepang yang belum 5 tahun sudah mengalami kerusakan, terutama di jenis LCGC. Sebab,