Marak Musibah Tol, Komunitas Altis (Altic) Gelar Kampanye Anti Kecelakaan

Marak Musibah Tol, Komunitas Altis (Altic) Gelar Kampanye Anti Kecelakaan Foto: ALTIC

KabarOto.com - Menyusul banyaknya kecelakaan yang terjadi di Jalan Tol, membuat Altis Indonesia Community (ALTIC) mengadakan Left Lane Campaign.

Left Lane Campaign merupakan program sosialisasi dan edukasi bagi para pengguna jalan tol, khususnya pengguna Tol Trans Jawa agar selalu menggunakan lajur kiri.

Lajur kiri di jalan tol sejatinya diperuntukkan bagi laju kendaraan, sedangkan lajur kanan di khususkan untuk mendahului kendaraan.

Hal ini dilakukan ALTIC, terkait ketidakdisiplinan pengguna jalan tol yang ironisnya sebagai salah satu penyebab kecelakaan jalanan bebas hambatan yang angkanya cukup tinggi.

Left Lane Campaign ini dilakukan lewat acara grand touring dengan start dari Jakarta dengan tujuan Semarang, Jawa Tengah. Touring ini dilakukan mulai 14 September hingga 15 September 2019 dan diikuti 235 peserta dengan 95 unit mobil Toyota Corolla Altis dari berbagai wilayah mulai dari Jabodetabek, Banten, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Grand touring tersebut, juga bentuk dukungan ALTIC atas imbauan Dirlantas Polda Metro Jaya yang mengajak generasi milennial agar mengutamakan keselamatan dan tertib berlalu lintas melalui program Millennial Road Safety Festival.

Baca Juga: Komunitas Altic Kampanyekan Program Unik, Nih!

Selain melakukan kampanye safety driving, ALTIC juga mengadakan Community Social Responsibility (CSR) peduli lingkungan dengan melepas bibit ikan nila di Danau Rawapening, Semarang, Jawa Tengah.

Ketua Umum ALTIC, Chairul Fahry mengatakan, restocking benih ikan nila adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya dalam program pemulihan danau yang diadakan pemerintah.

"CSR ini dalam rangka mendukung Program Pemulihan 15 Danau Prioritas Nasional yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam pengelolaan danau berkelanjutan,” ujar Chairul, Sabtu (14/9/2019).

Chairul mengungkapkan, lewat dua kegiatan ini diharapkan dapat membuat kesadaran masyarakat meningkat dalam hal berkendara sekaligus dalam hal pelestarian lingkungan.

“Melalui dua kegiatan ini, kami berharap kesadaran masyarakat meningkat dalam tertib berkendara serta menjaga dan melestarikan lingkungan," tutup Chairul.

Chairul menambahkan, keselamatan berkendara dan melestarikan lingkungan merupakan tanggung jawab kita semua dan bisa dimulai oleh siapa pun, kapanpun dan bukan hal yang mustahil.