POPULAR STORIES

Mau Pakai Roof Box Buat Mudik? Pahami Dulu Kebutuhannya

Mau Pakai Roof Box Buat Mudik? Pahami Dulu Kebutuhannya Penggunaan Roof Box (Deni/KO)

KabarOto.com - Penggunaan aksesori Roof Box biasanya kerap digunakan untuk keperluan traveling dan juga keperluan mudik Lebaran. Kegunaannya sendiri agar dapat menampung lebih banyak barang bawaan.

Namun belakang, penggunaan roof box sendiri tidak sebatas untuk menunjang kebutuhan traveling saja, namun banyak yang banyak juga untuk keperluan di segmen mobil keluarga, dan juga untuk menunjang tampilan.

Seperti diungkapkan Halley Siboro, Direktur PT Sole Indotrade selaku distributor resmi Roof Box Whale Carrier, "Kebutuhan roof box itu tidak sebatas kepada kalangan adventure, seiring berjalannya waktu banyak juga MPV yang menggunakan aksesori ini untuk memberikan ruang lebih untuk membawa barang," ujarnya.

Menurut Halley, mobil sekelas MPV sudah memiliki ruang yang besar untuk menyimpan barang, namun ketika muatan penumpang penuh, bisa dipastikan ruang di tempat bagasi tidak dapat menampung lagi, alhasil penggunaan roof box jadi pilihan utama.

Baca juga: Jelang Lebaran, Whale Carrier Resmi Rilis 3 Produk Baru Di Indonesia

"Contohnya seperti saya, menggunakan Toyota Fortuner untuk keperluan keluar kota, biasanya diisi penumpang 6 orang, belum ditambah dengan keperluan barang dari masing-masing penumpang. Dengan penggunaan roof box, seluruh barang bisa naik ke atas," beber Halley.

Whale Carrier

Selain itu, pemilihan roof box yang sesuai dengan kendaraan pun patut dipertimbangkan, sebelum memutuskan untuk membeli. Namun jika berangkat dari situasi saat ini, konsumen cenderung memilih roof box dengan size yang besar.

Dede Ardiansyah, Marketing Supervisor PT Sole Indotrade menjelaskan, "Pemilihan roof box sejatinya kembali lagi ke konsumen, tetapi jika konsumen di Indonesia itu beli roofbox lebih ke ukuran yang muat banyak," ujarnya.

Lebih jauh Dede pun menambahkan, "Belakangan banyak juga konsumen yang menggunakan roof box untuk menunjang tampilan, buat kontes, hanya untuk sekadar gaya," katanya.

Menurut Dede, "Selera itu urusan sekian, tipe konsumen itu pertama yang penting muat banyak, buat apa si beli roofbox. Kalau orang mudik itu biasanya berpikir keluarga, jika keluarganya banyak tentu bawaannya juga banyak. Jadi kalau bisa pakai yang besar pasti memilih beli yang besar," ungkapnya.

Whale Carrier

Baca juga: Mau Gunakan Roof Box Buat Mudik? Pahami Dulu Nih Biar Ngga Mentok Palang GTO

Dede pun sedikit memberikan tips untuk memilih ukuran roof box yang sesuai dengan mobil dan karakter mobil yang Anda gunakan.

"Untuk mobil jenis city car atau LCGC bisa menggunakan ukuran 410 liter, ukurannya medium tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu besar. Kalau untuk jenis MPV, kita anjurkan menggunakan roofbox dengan ukuran 410 liter hingga 550 liter. Ada juga yang pakai ukuran 650 liter," paparnya.

Sementara model SUV, tambah Dede, mobil jenis ini kan memiliki ukuran yang besar, namun kabin yang cenderung sempit. Jadi biasanya kita anjurkan menggunakan ukuran 550 liter hingga yang terbesar di 650 liter," pungkasnya.