Mengulik Legenda Karmann Ghia

Mengulik Legenda Karmann Ghia Sumber Foto : VW Group

KabarOto.com – Saat Volkswagen Beetle menjadi trending di Amerika Serikat pada era 1950-an, mobil ini jadi primadona karena kesederhanaannya, dinamika dan desainnya yang unik.

Pada tahun 1955 sebelum VW membuat mobil yang indah pertama kali. Sebuah line-up coupe yang dirancang di Italia dan dibuat secara ‘Hand Built’ di Jerman. Setelah 65 tahun, satu unit pertama Karmann Ghia keluar dari pabrik milik Karmann Osnabruck. Walaupun sudah sangat tua, mobil ini tetap menjadi karya seni otomotif yang mencolok.

Baca Juga : Audi Pamer E-tron 55 Quatro Di Serial Drama Korea 'Was It Love?'

Sejarah dari Karmaan Ghia sendiri hadir dari sang penciptanya yaitu Wilhelm Karmann yang saat itu kontraktor manufaktur. Mulai membangun mobil konvertibel dan menjadi satu-satunya pemasok konvertibel untuk VW Beetle dari pabriknya sendiri di Osnabruck. Pada tahun 1953, ia meminta ke salah satu rumah desain otomotif yaitu Carrozzeria Ghia di Turin, Italia. Untuk mengambil sasis sebuah Beetle dan mendesain menjadi mobil sport konvertibel.

Setelah empat bulan kerjasama rahasia ini, Ghia menunjukan kepada Karmann hasilnya yang menjadi sebuah coupe. Lalu, Karmann membagi hasil purwarupa ini dengan Heinrich Nordhoff selaku Managing Director Volkswagen saat itu. Dan keduanya setuju untuk membuat mobil kupe dan konvertibel berkapasitas 2+2.

Purwarupa dari Karmann Ghia tidak seperti Beetle. Karena dengan bentuk lebih elegan di bagian depan desainnya mengalir ke area penumpang. Pilar atap yang tipis dan lekukan yang anggun memberikan Ghia rasa seperti bergerak bahkan dalam keadaan diam, dan memiliki kesan sporty berkat bodinya lebih rendah tujuh inci dari Beetle.

Walaupun menggunakan mesin Beetle, tetapi pada bagian kaki-kaki diubah dengan sway bar depan dan penggunaan coil spring berbeda bertujuan untuk handling yang lebih baik.

Untuk produksi massal, pihak VW menambahkan sedikit aksen krom di bagian hidung. Desainnya sendiri tetap mempertahankan seperti model purwarupanya. Setelah muncul ke publik pada Juli 1955, produksi mobil ini dimulai pada bulan Agustus. Dan mobil pertama mendarat di Amerika Serikat pada 1956.

Mobil ini memiliki tenaga 36 dk dan 68 kg lebih berat dan lebih mahal US$900 atau setara Rp 13 juta, tentu Karmann Ghia bukanlah mobil yang kencang. Menurut laporan, mobil ini mencapai 100 kpj membutuhkan 28 detik.

Baca Juga : Volkswagen Beri Teaser Mobil Listrik Barunya

Setelah 19 tahun beredar, Karman telah membuat 362.601 unit untuk model kupe dan 80.881 unit konvertibel, dengan penjualan di Amerika menembus 279.000 unit. Memasuki tahun 1974, Karmann Ghia mendapatkan beberapa ubahan bersamaan dengan line-up Beetle. Ubahan tersebut hanya pada performanya, tenaganya naik menjadi 60 dk. Namun, untuk desain mobil ini masih sama.

Lalu, pihak VW membuat model kedua dari Ghia bernama ‘Type 34’ yang berbasis dari sedan 1600 yang di mana mobil ini tidak pernah masuk secara resmi ke negeri Paman Sam ini. Setelah 65 tahun, mobil ini sekarang menjadi kolektor bagi pencinta otomotif dan menjadi barang mahal pada ajang lelang.