Merawat Rem Motor Saat Musim Hujan Penting, Begini Caranya

Merawat Rem Motor Saat Musim Hujan Penting, Begini Caranya Rem cakram

KabarOto.com - Musim hujan sudah tiba. Bagi pengendara sepeda motor selain mempersiapkan jas hujan, kondisi motor juga harus diperhatikan, terutama rem. Karena bagian ini menentukan keselamatan Anda dalam berkendara, terutama di musim hujan.

Ada dua tipe rem pada sepeda motor, yaitu tromol dan cakram. Kedua rem ini memiliki kelebihan masing-masing, namun butuh perawatan yang hampir sama. Jika enggan ke bengkel, merawat rem bisa dilakukan sendiri di rumah. Fachrul Reza, Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang, memberikan beberapa cara merawat rem.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Merawat Slang Rem Sepeda Motor

Rem model cakram. Setelah dipakai saat hujan, tunggu beberapa menit untuk memberi waktu bagi rem cakram turun suhu panasnya. Jika sudah dingin, bersihkan bagian rem cakram dengan menyiram menggunakan air bersih.

Setelah itu keringkan bagian-bagian yang dapat dijangkau dengan menggunakan kain. "Tegakkan motor pakai standar tengah, dan putar roda," terang Reza. Pembersihan bagian ini untuk hilangkan kotoran dan lumpur yang menempel akibat terbawa air hujan. "Kalau tidak dibersihkan bisa berkarat dan seret," tegasnya.

Rem tipe tromol. Setelah digunakan saat hujan, dan melewati genangan air bersihkan bagian luar tromol dengan air bersih, kemudian keringkan. Namun yang harus diperhatikan menurut Reza adalah jangan mendirikan motor dengan standar samping, karena sebagian air kotor bisa masuk ke tromol. Air juga akan turun saat mendirikan motor dengan standar tengah.

Rem Tromol

Dan yang selanjutnya adalah lakukan perawatan rem secara teratur, setiap 10.000 km. Untuk mengetahui, batas keausan kampas rem cakram bisa melihat alur-alur kampas. "Untuk melihat bagian ini tidak perlu membongkar, bisa dilihat langsung," tambah Reza lagi.

Sementara itu, batas keausan kampas rem untuk motor dengan tipe rem tromol adalah dengan melihat tanda segitiga pada panel rem tromol dan tanda panah pada tuas rem. "Kalau saat menarik tuas rem atau menginjak, ada tanda segitiga dan tanda panah hampir bertemu atau segaris, maka segera lakukan penggantian kampas," terangnya.

Baca Juga: Brembo Rilis Cakram Semulus Cermin

Untuk menjaga rem tetap aman dan awet, hindari menaruh tuas atau menginjak rem terus menerus, karena kampas akan cepat habis. "Tromol atau piringan cakram jadi gosong dan tentu saja membuat boros bensin," papar Reza lagi.