POPULAR STORIES

Mercedes AMG Petronas Didenda Rp150 Juta Karena Pelanggaran Parc Ferme

Mercedes AMG Petronas Didenda Rp150 Juta Karena Pelanggaran Parc Ferme Foto : F1.

KabarOto.com - Mercedes AMG Petronas terkena denda dengan jumlah yang cukup fantastis pasca Grand Prix Spanyol. Jumlah denda sekitar 10.000 Euro atau setara Rp 158 jutaan sesuai kurs Indonesia sekarang.

Tim secara teratur diberi tahu sebelum balapan tentang siapa yang tidak diizinkan masuk ke area parc ferme setelah balapan.

"Selain mekanik tim dengan kipas pendingin jika perlu, ofisial dan kru televisi pra-persetujuan FIA, dan fotografer yang disetujui FIA, tidak ada satupun yang diizinkan di area ditentukan setelah mobil berada di area Parc Ferme," ujar pernyataan FIA.

Baca Juga : Hasil F1 Spanyol 2023, Max Verstappen Menang Sempurna

Ada batasan ketat tentang kapan fisio diizinkan untuk berinteraksi dengan pembalap mereka sebelum upacara naik podium.

Fisio pebalap harus menunggu di luar ruang pendinginan di belakang podium, sampai upacara podium selesai, sesuai instruksi yang harus dipatuhi oleh semua tim.

Baca Juga : Klasemen Konstruktor F1 2023 Usai GP Spanyol, Mercedes AMG Petronas Naik Peringkat

Hal ini bukan hal pertama yang terjadi di F1. Pada Grand Prix Austria tahun lalu, tiga pembalap teratas Charles Leclerc (Scuderia Ferrari), Max Verstappen (Red Bull Racing), dan Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas), semuanya dikenai denda yang sama yakni 10.000 Euro. Itu karena tim fisio telah memasuki area parc ferme pasca balapan.