Mercedes-Benz AG Dan Aston Martin Sepakat Perluas Kerjasama

Mercedes-Benz AG dan Aston Martin Sepakat Perluas Kerjasama

KabarOto.com – Mercedes-Benz AG dan Aston Martin memperluas kerjasamanya. Nantinya, produsen mobil asal Jerman tersebut akan membuka akses untuk teknologi canggih, termasuk sumber tenaga hibridia, listrik generasi terbaru, dan komponen serta sistem kendaraan lainnya.

Sebagai gantinya, Mercedes-Benz akan mendapatkan saham baru di Aston Martin yang diterbitkan dalam beberapa tahap selama 3 tahun ke depan yang bernilai total GBP 286 juta. Saat ini, kepemilikan saham Mercedes-Benz sebesar 2,6% dari ekuitas umum Aston Martin.

Bentuk kerjasama baru ini akan membuat saham Mercedes-Benz tidak akan melebihi dari angka 20%.

Kepala Strategi Produk Mercedes-Benz Cars, Wolf-Dieter Kurs mengatakan bahwa kedua perusahaan telah memiliki kemitraan teknologi yang sukses dan menguntungkan.

Kemitraan baru yang diperluas ini memberi Aston Martin akses ke teknologi dan komponen mutakhir baru, termasuk sistem penggerak hybrid dan listrik generasi berikutnya.

Baca Juga : Injak 25 Tahun, Begini Ubahan Di Tiap Generasi Honda Odyssey

“Proses pengaturan pasokan teknologi baru ini akan berdasarkan persyaratan komersial yang telah disepakati. Kami berkomitmen untuk terus bekerjasama dengan Aston Martin, dan mengharapkan kesuksesan dalam tahap pertumbuhan selanjutnya,” jelasnya.

Sebelumnya, kedua perusahaan ini telah menjalin kerjasama strategis untuk penyediaan mesin AMG V8 dan penyediaan komponen untuk arsitektur E/E (kelistrikan). Dalam kerjasama ini Mercedes-Benz mendapatkan penyertaan ekuitas 5% di Aston Martin.

Kemudian, pada tahun 2020 perundingan mengenai perluasan kerja sama sudah dimulai. Langkah pertama, Aston Martin meminta akses ke mesin dan powertrain tertentu serta perangkat lunak powertrain, arsitektur E / E, dan berbagai komponen lainnya.

Baca Juga : Kia Perkuat Pengembangan Kendaraan Militer Untuk Masa Depan SUV

Mercedes-Benz AG telah setuju untuk memberikan akses teknologi tersebut ke Aston Martin dengan imbalan tambahan saham baru di Aston Martin, yang akan dialokasikan kepada Mercedes-Benz AG melalui Contribution in Kind (CiK). Pengaturan tersebut tidak akan melibatkan pertimbangan tunai dari Mercedes-Benz AG. Pasokan sistem dan komponen akan sesuai dengan ketentuan.

Saham baru akan diterbitkan untuk Mercedes-Benz AG dalam beberapa tahap pada 2023, terkait dengan pelepasan berbagai paket teknologi.

Syarat dan ketentuan utama untuk paket teknologi pertama dan share tranche telah disepakati. Nilai untuk teknologi Tranche 1 adalah GBP 140 juta. Saham yang akan dikeluarkan untuk Mercedes-Benz AG dengan imbalan teknologi Tranche 1 akan meningkatkan kepemilikan saham Mercedes-Benz AG menjadi 11,8%.