Mobil Balap Formula E Akan Dipamerkan Di Area Monas

Mobil Balap Formula E akan Dipamerkan di Area Monas Balapan Formula E (Foto: fiaformulae)

KabarOto.com - Balapan mobil listrik Formula E akan berlangsung 4 Juni 2022 mendatang, di Ancol Jakarta Utara. Polda Metro Jaya berupaya agar tidak ada penutupan jalan di beberapa titik.

Polda Metro Jaya saat ini masih berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tentang kebijakan lalu lintas saat Formula E digelar. Hal tersebut, dikatakan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Baca Juga: Pembalap Formula E Akan Konvoi Di Kawasan Monas, Catat Tanggalnya

"Kita berupaya sedapat mungkin tidak menutup jalan, agar tidak mengganggu lalu lintas umum," terang Sambodo. Namun, jika memang harus penutupan, akan dilakukan.

Sampai saat ini, kepolisian serta panitia penyelenggara sudah melakukan survei di sejumlah titik menuju lokasi balapan. Ini dilakukan untuk menentukan kebijakan rekayasa lalu lintas.

Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara (Foto: MeraPutih)

"Informasi awal nanti penonton akan diturunkan di Kemayoran. Lalu dari JIExpo naik shuttle bus," terang Sambodo. Pihaknya juga masih melihat rute dan berapa shuttle bus yang disiapkan.

Sambodo juga menyebutkan mengenai wacana pawai pembalap Formula E di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Ia menyatakan, kemungkinan kegiatan tersebut akan dibatalkan. Karena menurut rencana, pada 2 Juni 2022 mendatang akan digelar pawai seperti MotoGP beberapa waktu lalu.

"Ada informasi sementara kemungkinan tidak pawai. Tapi mobil-mobil akan dipamerkan di area di dalam Monas," jelas Sambodo. Namun, untuk kepastiannya, mereka akan bertemu dengan panitia penyelengara Formula E.

Sebagai informasi, balap Formula E akan berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Sirkuit dibangun di kawasan Pantai Karnaval Ancol, tepatnya Ancol Beach City (ABC) Mall.

Mobil-mobil balap pun sudah mulai tiba di kawasan sirkuit. Ketua penyelenggara Jakarta E Prox (Formula E) menyatakan, sudah ada 22 mobil dari Berlin, Jerman sudah tiba di Jakarta, 22 Mei lalu.

Baca Juga: Saat Formula E Berlangsung, Tiket Masuk Ancol Tak Dijual Untuk Umum

Kemudian, ada 45 truk yang dilibatkan untuk mengangkut mobil dan beberapa perlengkapan lain. Ke-22 mobil dari 11 tim balap yang akan bertarung di Formula E seri 11, akan dibongkar.