POPULAR STORIES

Mobil Tanpa Sopir Bikin Takut Pejabat Cina

Mobil Tanpa Sopir Bikin Takut Pejabat Cina Mobil tanpa sopir. (Nvidia.com)

KabarOto.com - Cina merupakan satu di antara pasar otomotif terbesar di dunia. Tak hanya itu saja, terknologi canggih kendaraan, termasuk mobil otonom atau tanpa sopir, juga berkembang pesat di Negeri Tirai Bambu.

Namun, kemajuan teknologi pada mobil justru membuat para petinggi di Cina ketakutan. Seperti dilansir Financial Times, Senin (18/12/2017), para pejabat di Cina takut mobil tanpa sopir dijadikan mata-mata negara luar dan membahayakan stabilitas keamanan nasional.

Baca Juga:

Terkait hal itu, pemerintah Cina melakukan pembatasan terhadap produsen mobil asing yang mengembangkan mobil tanpa sopir di negara mereka, di antaranya Ford dan General Motors (GM).

"Kami memiliki beberapa hambatan yang berkaitan dengan pengujian fungsi otomatis, tapi ini adalah hal yang sulit," ujar seorang perwakilan produsen mobil yang tidak ingin disebutkan namanya.

"Mereka menggunakan isu tersebut untuk mengambil foto dan merekam koordinat GPS mobil swakemudi, karena ini berhubungan dengan kebijakan pertahanan nasional," dia menambahkan.

Hingga kini, Kementerian Industri dan Teknologi Cina masih enggan berkomentar mengenai permasalahan ini. Saat ini, Cina masih menggodok regulasi mengenai mobil tanpa sopir.