Modifikasi Honda BR-V, Tampil Lebih Elegan Dan Ekstra Nyaman

Modifikasi Honda BR-V, Tampil Lebih Elegan dan Ekstra Nyaman

KabarOto.com - Modifikasi mobil memang dilakukan sesuai dengan keinginan pemilik mobil itu sendiri. Bahkan, karakter asli sebuah mobil bisa berbelok ke arah lain yang membuat pemiliknya lebih percaya diri saat mengendarainya.

Ulasan modifikasi kali ini, KabarOto mencoba membahas tentang Honda BR-V tipe E produksi tahun 2018 milik Egy Halim.

Baca Juga : 5 Modifikasi Gokil Royal Enfield, Ada Dari Indonesia!

Sejatinya, Honda BR-V merupakan pengembangan dari platform All New Honda Jazz. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan mesin i-VTEC 1.500 cc 4-silinder yang menjadi jantung dapur pacunya.

Penampilan luar Honda BR-V sebenarnya memiliki kesan adventure dengan ground clearance yang tinggi. Namun, ditangan pria yang berprofesi sebagai Konsultan Bisnis, SUV ini dibuat lebih elegan dan lebih nyaman.

Baca Juga: Modifikasi Ferrari 360 Modena Bergaya Limusin, Bisa Tampung 8 Orang

“Sebenarnya Honda BR-V ini dikenal sebagai mobil keluarga. Tapi, saya mau coba merubah stigma mobil ini. Ternyata bisa di modifikasi dan hasilnya bagus. Kebetulan, saya bergabung dengan komunitas The Brandaz. Di sana anggotanya bukan hanya yang sudah berkeluarga, tapi banyak juga anak muda yang doyan modifikasi,” jelas Egy.

Foto : The Brandaz

Kita mulai dari tampilan luar, Honda BR-V ini masih dilapisi cat asli bawaan pabrik. Meskipun masih terlihat standar, Ada beberapa ubahan yang dilakukan, seperti tambahan body kit yang ada pada tipe BR-V Prestige, emblem Honda aftermarket, lampu high low beam, fog lamp berteknologi LED merek Auto Vision, wiper moon hybrid blade, dan wraping lampu dan handle pintu untuk memberikan kesan hybrid.

Baca Juga : Modifikasi BMW Seri 7 Bergaya Simple Dan Elegan Milik Pengusaha Kedai Kopi

Bagian kaki-kaki banyak mengalami perubahan, di antaranya penggunaan pelek Manaray VRS ring 18/lebar 8.5 9.5/Et 40-35 produksi Jepang yang dibalut dengan ban berukuran 205/40/18 di depan dan 215/35/18 di belakang.

Selain itu, terpasang juga suspensi udara 2 titik merek Airgen dengan shock depan menggunakan Honda Jazz gd3 dan belakang dengan shock Nissan Livina.

Baca Juga : Liberty Walk Gandeng RWB Modifikasi Porsche 993

“Untuk kenyamanan, sektor kaki-kaki yang terpasang dan tambahan airsus membuat mobil ini lebih nyaman dan stabil. Belum lama ini, saya bawa ke Solo dengan kecepatan 120 km/jam masih stabil,” ungkap Egy.

Pemilik menambahkan perawatan untuk airsus sendiri memang sedikit ribet, pentingnya harus sering melakukan pengecekan, terutama pada bagian balon-balonnya dan kompresor.

Baca Juga: Modifikasi Pelek Toyota Raize Dan Daihatsu Rocky? Simak Tips Ini

Melihat tatanan interior, kenyamanan pengemudi dan penumpang menjadi fokus utama pemilik. Di mana, jok model sofa berbahan kulit asli terpasang rapih untuk memberikan kenyamanan ekstra. Bukan hanya itu, pemilik memasang sunroof RB3, peredam automate, dan karpet deluxe.

Selain kenyamanan, sound sistem yang terpasang juga tidak bisa dianggap remeh. Untuk kebutuhan audio, seluruhnya terpusat pada head unit android Asuka AK2000 yang dipadukan dengan Power Pioneer, Treeway Pioneer custom pilar, Midbass Pioneer, dan Box sub custom subwoofer ads.

Baca Juga : Modifikasi Toyota Raize Pakai Bodykit Noblesse

Soal performa, Honda BR-V ini tidak banyak mengalami perubahan. Hanya ada beberapa tambahan, seperti strutbar under control, open air filter K&N, dan muffler iron craft double silent.

Secara keseluruhan, Egy menghabiskan biaya sekitar Rp70 jutaan. “Biaya terbesar itu ada pada modifikasi di bagian kaki-kaki, pelek, dan termasuk airsus. Tapi, sunroof juga lumayan biayanya,” pungkasnya.