Modifikasi Toyota Etios Valco, Tema Daily Stance Jadi Andalan

Modifikasi Toyota Etios Valco, Tema Daily Stance jadi Andalan Foto : Agus TEVCI (owner)

KabarOto.com – Toyota Etios Valco memang sudah tidak lagi diproduksi sejak 2018, namun tidak membuat Agus patah semangat untuk memodifikasi kendaraan yang digunakan sehari-hari.

Menggunakan basis Toyota Etios Valco tipe G lansiran tahun 2014, pria yang bergabung di komunitas TEVCI (Toyota Etios Valco Club Indonesia) Chapter Purwasuka, dan sekaligus menjabat ketua chapter membuat hatchback ini tampil dengan tema Daily Stance.

Baca juga: Partisi Custom Buatan Music Art, Meminimalisir Penyebaran Covid-19

“Modifikasi seperti ini, perawatannya sendiri tidak terlalu ribet, seperti mobil-mobil pada umumnya karena basisnya saya modifikasi mobil yang bisa dipakai buat harian,” jelas Agus.

Menurutnya, pemilihan Toyota Etios Valco sebagai kendaraan yang dipilih untuk dimodifikasi karena mobilnya unik, irit dan handlingnya cukup baik dikelasnya.

Modifikasi terfokus pada sisi eksterior dan interior saja. Bagian eksterior dicat menggunakan warna ungu kombinasi 5 warna (bunglon) dikerjakan oleh SDA Water Printing Karawang. Warna model bunglon ini menjadi ciri khas modifikasi tersebut.

Selain itu, penambahan body kit type Tom’s di depan dan milik Toyota Yaris TRD di belakang memperkuat kesan sporty. Untuk menambah penerangan terpasang head lamp projie 3" dengan DRL, dan menggunakan spion yang bisa dilipat secarak elektrik milik Toyota Yaris generasi 3.

Baca juga: Nyeberang Gaya, BMW 2002 Pakai Mesin Honda S2000

Di kabin terpasang jok, plafon dan lantai yang terbungkus bahan kulit sintetis lansiran MBtech. Sedangkan, dasbor dicat ulang menggunakan model hologram.

Bagian kaki-kaki mengandalkan pelek Kranze 17 inci dengan lebar 8,5 di depan dan 9,5 di belakang. Untuk menurunkan ketinggia lebih ekstrem digunakan suspensi udara dua titik lansiran Air Gen. Bagian mesin masih standar hanya menambahkan manipulator ECU e-drive dengan 3 mode ecodrive, normal dan racing.

Untuk bagian audio rancangan Creative Audio Custom dengan spesifikasi sebagai berikut :

  • Speaker 3 way impulse X Series (depan)

  • 1 unit speaker full range Gramond

  • 4 unit speaker coaxial Ground Zero

  • 2 Subwoofer Venom 6012

  • 1 Amplifier monoblock Venom Inteligent

  • 1 Amplifier Ground Zero AS120

  • 2 Amplifier Venom Impulse Special Editions

  • 1 proc Impulse

  • 1 proc Venom

Baca juga: Cari Body Kit Honda Jazz GK5? Coba Cek Workshop Ini

“Dari semua modifikasi yang sudah dilakukan, saya telah menghabiskan biaya kurang lebih Rp 90 jutaan,” pungkas Agus.

Modifikasi ini terlihat menarik dan berbeda, model stance engan gaya rebah ke permukaan aspal, full audio di bagasi dan warna bunglon menjadi identitas modifikasi yang totalitas.