POPULAR STORIES

MotoGP Algarve 2021: Francesco Bagnaia Antar Ducati Juara Konstruktor

MotoGP Algarve 2021: Francesco Bagnaia Antar Ducati Juara Konstruktor Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia berhasil mendominasi GP Algarve sekaligus memastikan gelar juara dunia konstruktor untuk Ducati, Minggu (7/11).

Memulai balapan dari pole position, Bagnaia sempat kehilangan posisi terdepan sebelum diambil alih dari rekan setimnya, Jack Miller usai tikungan 1. Sementara itu, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) turun ke urutan ke-9 usai melakukan start yang buruk.

Baca Juga : Inovasi Baru Hadir Di MotoGP Algavre 2021

Walaupun Pecco memimpin perlombaan, dirinya tidak bisa tenang sepenuhnya. Pasalnya, dirinya terus dibayangi oleh Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang mencari celah di lap-lap awal. Memasuki lap ke-5, Mir sempat memangkas jarak dengan Bagnaia dengan gap 0,161 detik.

Bagnaia dan Miller berhasil meraih Juara Dunia Konstruktor bersama Ducati

"Saya sangat senang, mungkin ini akhir pekan terbaik. Karena menikmati setiap sesi balap di Portimao. Saya juga sangat menikmati balapan hari ini," ujar Bagnaia.

Balapan yang seharusnya menyelesaikan 25 putaran, sayangnya harus ada kibasan bendera merah saat balapan menyisakan dua lap lagi. Hal tersebut membuat Bagnaia khawatir ada pembalap alami insiden. Adapun terjadi insiden antara dua pembalap KTM yakni Iker Lecuona dan Miguel Oliveira.

"Saya juga sempat takut saat melihat Red Flag berkibar dan penasaran siapa yang mengalami kecelakaan. Akibat kejadian tersebut, balapan selesai lebih awal. Tetapi, saya senang semuanya baik-baik saja tidak ada yang terluka serius. Dan, akhirnya kami meraih juara dunia konstruktor tahun ini," ungkap Francesco Bagnaia.

Tetapi, Bagnaia mampu memperlebar gap dan menjauh dari kejaran rider Suzuki itu pada lap berikutnya. Memasuki pertengahan balapan, Mir sudah sulit untuk mengejar Bagnaia. Walaupun begitu, pembalap bernomor 36 itu tidak memaksakan diri dan mampu bertahan di posisi ke-2.

Duel sengit sempat terjadi antara Miller dan Alex Marquez (LCR Honda). Sang adik Marquez itu sempat saling bertukar posisi. Namun sayang, Miller mampu melawan dan mampu menahan serangan dari Alex.

Baca Juga : Start Di Posisi 3, Pembalap Federal Oil Yakin Podium Di Moto2 Algarve 2021

Mir finis posisi ke-2

"Balapan ini tentu sangat penting apalagi bertarung untuk meraih posisi pertama. Hari ini saya berekspektasi tampil lebih kuat, untuk berduel lagi dengan Pecco. Tetapi, sayangnya dia mampu tampil lebih cepat dari saya. Tetapi, saya cukup senang dengan hasil balapan hari ini," ungkap Joan Mir.

Sayangnya, nasib buruk menimpa sang juara dunia MotoGP 2021, Quartararo yang mengalami kecelakaan di tikungan ke-13 di sisa lima lap terakhir.

Red Flag berkibar akibat kecelakaan yang melibatkan Iker Lecuona (KTM Teh3) dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM) di tikungan ke-13. Menurut tayangan ulang, Iker mengalami low slide dan motornya menghantam Miguel. Pembalap asal Portugal itu sempat mendapatkan perawatan medis di gravel dan nampaknya tidak ada luka yang cukup serius.

"Saya mencoba untuk menghemat ban belakang selama balapan. Tetapi, ada di beberapa sektor bannya itu agak 'spinning' dan di tikungan terakhir saya mencoba menutup serangan dari Alex. Saya tidak menyangka bisa berduel dengan Alex selama beberapa lap. Karena saya tidak ingin memaksakan diri agar tidak kecelakaan, jadi saya tadi sedikit mengubah gaya balap," ungkap Jack Miller.

Baca Juga : Hasil Kualifikasi MotoGP Algavre 2021: Francesco Bagnaia Raih 5 Pole Position Beruntun

Akibat kecelakaan tersebut, pihak Race Direction menyatakan balapan sudah selesai di lap ke-23 karena jarak tempuh yang dilalui sudah mencapai 75%. Itu artinya, Bagnaia keluar sbagai pemenang sekaligus membawa pulang gelar juara dunia konstruktor untuk pabrikan Borgo Panigale itu.

Kemenangan Bagnaia dan selebrasi titel Ducati makin lengkap dengan keberhasilan Miller finis ke-3 dan Mir yang mengamankan podium ke-2. Selain itu, Alex juga mampu finis ke-4 yang usai melakukan duel sengit dengan pembalap asal Australia itu.

Podium MotoGP Algarve 2021

Hasil MotoGP Algarve 2021 :

1.Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

2.Joan Mir (Suzuki Ecstar)

3.Jack Miller (Ducati Lenovo)

4.Alex Marquez (LCR Honda)

5.Johann Zarco (Pramac Racing)

6.Pol Espargaro (Repsol Honda)

7.Jorge Martin (Pramac Racing)

8.Alex Rins (Suzuki Ecstar)

9.Enea Bastianini (Avintia Esponsorama)

10.Brad Binder (Red Bull KTM)

11.Takaaki Nakagami (LCR Honda)

12.Luca Marini (Sky Racing VR46)

Berita Terkait

Berita Terkait