Motor Sering Mogok Karena Busi Bermasalah, Ini Solusinya!

Motor Sering Mogok Karena Busi Bermasalah, Ini Solusinya! Banyak motor mogok yang disebabkan oleh busi (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Busi memberi peran yang sangat penting di kendaraan bermesin bensin, salah satunya sepeda motor. Banyak motor mogok di jalan, penyebab utamanya adalah karena busi. Lalu apa penyebab busi menjadi masalah penting di motor, sehingga menyebabkan mogok?

Motor mogok di jalan, biasanya terjadi karena busi yang sudah kotor, bagian elektrodanya sudah dipenuhi dengan kerak karbon. Ini banyak terjadi di sepeda motor, khususnya yang umurnya sudah tidak lagi muda, alias motor tua.

Baca Juga: Penyebab Busi Motor Selalu Basah Dan Berwarna Hitam

Nah, bagaimana cara memperbaiki motor yang mogok karena busi bermasalah. Diko Oktaviano, Technical Support Product Specialist NGK Busi Indonesia mengatakan, saat kondisi darurat, paling utama membersihkan karbon yang menumpuk di bagian elektroda busi.

"Gak yakin bisa bersih total sih, sebab karbon bakal menyatu dengan metal elektroda," terang Diko kepada KabarOto.com. Namun, ada satu cara yang ampuh dan bisa dilakukan, menggunakan sand blasting.

Alat tersebut bisa didapat di online shop. "Alatnya ada kok di online, ketik aja spark plug cleaner," tambah dia. Kemudian, cara kedua paling sering dipakai oleh pengguna Vespa adalah memecahkan keramik untuk mendapatkan sisi bagian elektroda yang masih bersih, tidak ditutupi karbon.

Namun, cara ini sedikit beresiko, karena titik api sudah tidak terpusat. Selain itu, perpotensi overheat kena di keramik. "Jadi makin gede, kalau sekedar darurat untuk bisa keluar dari hutan terus ketemu bengkel sih aman aja," terang Diko lagi.

Baca Juga: Agar Mesin Tak Mati, Ini Cara Melindungi Busi Motor Dari Air Hujan

Namun, jika masalah sementara tadi sudah diatasi, jangan sampai didiamkan dalam waktu yang cukup lama, harus segera mengganti busi. Tapi jangan dipakai sepanjang tahun ya, lebih baik busi diganti," tetang Diko.