POPULAR STORIES

Nih, Bocoran Spesifikasi Toyota GR Supra 2021

Nih, Bocoran Spesifikasi Toyota GR Supra 2021

KabarOto.com – Toyota baru saja mengumumkan bahwa mereka akan segera meluncurkan upgrade dari sport car andalan merekaToyota GR Supra untuk tahun 2021. Nantinya Supra baru akan berkode A91, dan mendapat beberapa ubahan minor baik dari eksterior, interior, maupun mesinnya.

Soal eksteriornya, nampaknya Toyota akan menyematkan beberapa part karbon, seperti pada bagian cover spion, lips spoiler belakang, dan pilar C. Lalu pelek sepertinya masih memakai forged ukuran 19 inci namun warna finishing sekarang hitam doff agar lebih sporty.

Tak seperti First Edition Supra yang diumbar 1.500 unit, nantinya Supra A91 Special Edition ini hanya akan disediakan 1.000 unit dengan warna spesial yakni Nocturnal dan Refraction. Asyiknya lagi, khusus Special Edition interiornya bakal dapat balutan bahan kulit Alcantara perpaduan hitam dan biru. Serta pelengkapnya mendapat aksesori seperti sarung kunci dan karpet bagasi eksklusif.

Baca Juga : Keren, Toyota Supra Limited Edition Akan Hadir Di Jepang

Tidak hanya itu, untuk GR Supra 3.0 Premium tenaganya akan meningkat berbanding sebelumnya. Walau sama-sama menggunakan mesin 6 silinder segaris, berkapasitas 3.000 cc single turbocharger.

Koreksi pada kompresi ruang mesin dari sebelumnya bertekanan 11,1:1 ke 10,2:1, membuat putaran mesin lebih tinggi. Tapi tenaganya justru meningkat, sebelumnya 335 dk menjadi 382 dk, dan torsi maksimal menjadi 498 Nm, dari sebelumnya 495 Nm. Disambung ke transmisi otomatis 8 percepatan ke roda belakang. Akselarasi 0-100 kpj pun jadi 3,9 detik saja loh, gokil!

Meningkatnya tenaga tersebut juga berkat penggantian exhaust manifold, lalu pengaturan ulang udara masuk dan ruang bakar, lalu piston turut diganti. Oh iya, versi 3.0 Premium ini juga akan mendapat rem bawaan Brembo 4 pot, dicat warna merah dan memiliki logo Supra.

Baca Juga : Profil - Toyota GR Supra

Nah ada varian mesin baru lebih kecil nih, yakni 4 silinder berkapasitas 2.0 liter single turbocharger. Namun tenaga tak kalah besar, yakni 255 dk dan torsi 400 Nm. Transmisi masih sama kok 8 percepatan otomatis, hanya saja akselerasinya sedikit lebih lambat dengan catatan 5 detik untuk 0-100 kpj.

Versi 2.0 ini juga punya kelebihan loh, di mana bobotnya jauh lebih ringan bahkan sampai selisih 90 kg-an. Berkat penggunaan part lebih kecil, misalnya pelek casting 18 inci, lalu rotor lebih kecil dengan single piston, serta speaker cuma 4 buah sementara 3.0 Premium dapat 10 speaker.

Harganya 3.0 Premium dibanderol mulai US$ 55,990 atau setara Rp839 jutaan, sementara 2.0-nya US$ 42,990 atau Rp644 jutaan.

Fitur masih kurang? Tenang, bisa di-upgrade lagi kok menggunakan Safety & Technology Package seharga US$ 3,155-3,485 atau Rp 47-52 jutaan. Yang didapat adalah Dynamic Radar Cruise Control (Full speed), Blind Spot Monitor (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Kemudian ada Parking Sensors with Emergency Braking Function Navigation, 12 speaker 500-watt JBL Audio. Tersemat System Wireless Apple CarPlay, dan Supra Connected Services yang bisa akses selama 4 tahun gratis Remote Services, Remote Maintenance, Automatic Emergency Call, Real Time Traffic Information, Concierge, Stolen Vehicle Recovery, dan Map Update.