POPULAR STORIES

Nih, Resep Simpel Tapi Jitu Bikin Kaki-kaki Berumur Panjang

Nih, Resep Simpel tapi Jitu Bikin Kaki-kaki Berumur Panjang Komponen bernama sokbreker ini sebenarnya tak begitu sulit dalam perawatannya (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Siapa yang tak suka mobil nyaman melibas jalanan? Nah, tentunya kaki-kaki mobil harus dalam keadaan sehat untuk bisa merasakan nikmatnya pengalaman berkendara seperti itu.

Komponen bernama sokbreker ini sebenarnya tak begitu sulit dalam perawatannya, ada beberapa tips simpel namun jitu dari bengkel spesialis kaki-kaki Bandar Per yang berlokasi di Cikokol, Tangerang.

Hati-hati saat melintasi jalan berlubang. karena jalanan di Indonesia mayoritas masih ada lubang di bagian yang tak terduga. "Nah, jika terlalu sering menghajar jalan berlubang bisa membuat sokbreker cepat bocor dan rusak, karena masa pakainya berkurang akibat gesekan ekstrem di seal dan as-nya," ujar Herry Liu sang owner bengkel.

Baca Juga: Berapa Lama Durabilitas Shockbreaker Rekondisi?

Bobot berlebih pun salah satu faktor memperpendek umur sokbreker. "Dasarnya, setiap mobil memiliki kapasitas maksimal untuk menahan dan menampung beban. Oleh karena itu, sokbreker yang terus menerus menahan stres dari beban tersebut juga akan 'kalah' dan rusak sebelum estimasi," imbuhnya lagi.

Yang terakhir adalah karet sokbreker yang merupakan karet pelindung untuk menjaga sokbreker tetap bersih dari kotoran yang akan masuk ke dalam sokbreker.

"Lama-lama as akan aus dan terkikis, kotoran pun bakal menempel di dinding dalam tabung sokbreker," tutup pria berkacamata itu.

Baca Juga: Sebelum Liburan Akhir Tahun, Pastikan Temperatur Mobil Normal, Ini Langkahnya