POPULAR STORIES

Nissan GT-R Ini Diet Hingga Turun Bobot 140 Kg

Nissan GT-R Ini Diet Hingga Turun Bobot 140 Kg Foto: Youtube LivingLifeFast

KabarOto.comNissan GT-R merupakan sedan sport performa tinggi yang jadi legenda di dunia otomotif. Julukan Godzilla pun sudah melekat dan kini sudah sampai generasi R35.

Dimana mesinnya menggunakan konfigurasi V6, dengan kapasitas 3.800 cc twin-turbo. Hasilnya output tenaga sekitar 530 dk dengan torsi maksimal 650 Nm. Tenaga yang sangat besar sudah didapat dari mesin standar, apalagi transmisi yang dipakai sudah 6 percepatan kopling ganda, yang bikin perpindahan gigi makin cepat.

Baca juga: Kejutan Lancer Cedia CS5 Bertransformasi Menjadi Evolution IX Yang Ikonik

Potensinya yang besar untuk di-upgrade, membuat para modifikator menjadikan mobil ini sebagai bahan oprekannya. Ada yang meng-upgrade sampai 1.000 dk, bahkan ada yang mencapai 2.000 dk.

Namun sepertinya hal tersebut sedikit membosankan bagi seorang pemilik Nissan GT-R di Inggris ini. Sedikit beda dengan modifikator lain, ia memilih memodifikasi mobilnya dengan cara meringankan bobotnya secara ekstrem.

Demi proyek ini, sang pemilik rela mengganti semua body part R35 jadi berbahan karbon fiber. Mulai dari bumper depan, bumper belakang, kap mesin, pintu hingga spoiler, tidak luput dari bahan karbon. Bahkan demi meminimalisir beratnya lagi, jok pun diganti menggunakan Bride untuk sisi pengemudi dan penumpang depan.

Baca juga: Bikin Kaca Spion Xpander Makin Mewah, Dengan Lampu Sein LED Ini

Puas turun bobot di eksterior, giliran knalpot yang diubah. Ini bertujuan suara lebih terdengar gahar. Sang pemilik memasangkan intake dan knalpot titanium dari Overtake dengan model burntip.

Kombinasinya lagi, ia mencolok pelek Omega 13 dengan ban berprofil tipis, agar handling lebih mantap. Tentu dibantu rem berbahan carbon ceramic dari Brembo, untuk menunjang pengeraman yang lebih pakem.

Tentunya memodifikasi bodi mobil mahal ini tidaklah murah. Pemiliknya harus merogoh kocek setidaknya US$ 76.000, atau sekitar Rp 1,1 miliar lebih, hanya untuk membuat GT-R ini diet, hingga beratnya turun sekitar 140 Kg dari aslinya.

Baca juga: Galery Porsche 993 RWB 007

Dengan dana yang dihabiskan sebanyak itu, seharusnya mesin dapat di-upgrade dengan maksimal. Namun, memang tidak menghasilkan sebuah Nissan GT-R dengan model yang unik seperti ini. Penasaran seperti apa sih bentuk dari GTR R35 full carbon fiber yang supermahal ini?

Yuk lihat langsung videonya. (Deddy Darmanto)